image

"Inalum"
Sumber gambar: inalum.com.sg

Dunia Tambang / 5 October 2021 / 0 Komentar

Bisnis Inalum IPO 

Inalum Target IPO Tahun Depan, Persiapan Sedang Berjalan

duniatambang.co.idSalah satu BUMN tambang akan menggelar Initial Public Offering (IPO) di bursa saham. Yang bakal menawarkan saham perdana itu adalah PT Inalum Operating, dan jadwalnya sudah ditentukan pada tahun depan.

Perusahaan yang menjadi bagian dari MIND ID itu disebutkan saat ini sedang melakukan pemisahan dari fungsi holding. Nantinya Inalum akan berfungsi sebagai perusahaan operasional, yang tujuan akhirnya bisa dijadikan sebagai perusahaan untuk menghimpun dana dari masyarakat.

Sebelumnya, Inalum telah ditunjuk sebagai perusahaan yang memimpin holding pertambangan MIND ID, dari gabungan emiten tambang BUMN. Nantinya, Inalum akan dipisahkan dari holding, dan bakal beroperasi di bawah MIND ID, atau dengan kata lain menjadi anak usaha dari MIND ID. Dengan demikian, status Inalum akan bisa sejajar dengan Aneka Tambang, Bukit Asam, PT Timah dan juga Freeport Indonesia.

Lebih lanjut apa yang sedang dilakukan Inalum saat ini adalah, perusahaan melakukan audit atau due diligence pada aspek keuangan dan juga hukum, agar perusahaan bisa menggelar IPO. Pihak Inalum berharap persiapan ini bisa mendorong ketertarikan oleh investor agar mau membeli Inalum, meskipun pihak perusahaan sendiri belum menentukan berapa banyak saham yang akan dijual.

Adapun strategi menggelar IPO ini dijelaskan perusahaan sudah menjadi bagian dari strategi Kementerian BUMN. MIND ID pun tengah berfokus untuk mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan dalam IPO Inalum tersebut. Sementara di sisi lain, MIND ID sendiri juga memiliki rencana untuk ikut IPO.

Prosesnya pun sudah sampai ke tangan Kementerian Keuangan, dalam hal ini Kementerian BUMN sudah menyampaikan permohonan penerbitan Peraturan Pemerintah terkait pemisahan fungsi MIND ID dan Inalum.

Untuk kapan waktu penawaran perdana saham itu pihak MIND ID menjelaskan paling cepat adalah akhir tahun ini. Sehingga, target untuk IPO itu bakal dilakukan sekitar tahun 2022 mendatang.

 

Penulis: Edo Fernando

Editor: Ocky PR.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar