image

"Smelter"
Sumber gambar: gettyimages.com

Dunia Tambang / 4 October 2021 / 0 Komentar

Energi PLN Listrik 

Anugerah Tambang Smelter Dapatkan Pasokan Listrik 170 MVA Dari PLN

duniatambang.co.id - PT Anugerah Tambang Smelter yang berlokasi di Palu, mendapatkan pasokan listrik dari pembangkit listrik milik PLN yang berbasis EBT sebesar 170 MVA. Kerja sama itu ditandai dengan acara penandatanganan Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (PJBTL) dan juga Perjanjian Jual Beli Renewable Energy Certificate (PJBREC), yang dilakukan oleh kedua belah pihak.

Renewable Energy Certificate (REC) adalah layanan PLN yang mengutamakan penggunaan energi baru terbarukan dalam pasokan listrik. Ini menjadi bukti kepemilikan atas sertifikat standar internasional, mengenai produksi listrik yang berasal dari pembangkit listrik EBT.

PLN menjelaskan bahwa pasokan listrik sebesar 170 MVA kepada Anugerah Tambang Smelter itu adalah jumlah listrik yang sangat besar untuk wilayah Palu. Sebab, diketahui untuk saat ini beban puncak kelistrikan untuk wilayah Palu hanya sebesar 150MW, sehingga penyediaan pasokan listrik tersebut akan menjadikan beban puncak di wilayah itu akan mengalami kenaikan sampai dengan dua kali lipat.

Selain itu, dalam segi kesejahteraan ekonomi juga akan sangat menguntungkan. Pasalnya, proyek itu diyakini mampu menyerap tenaga kerja hingga 1.500 orang di smelter nikel pig iron tersebut. Anugerah Tambang Smelter mengatakan bahwa pasokan listrik tersebut akan digunakan untuk menggenjot produksi mereka di tahun 2023 mendatang.

Proses pembangunannya diperkirakan akan berlangsung sekitar 20 bulanan, sejak proses penandatanganan kerja sama dilakukan kedua belah pihak.

Pihak PLN menjelaskan bahwa kerja sama itu juga menjadi bukti perwujudan komitmen perusahaan untuk bisa terus mendukung pengembangan industri baterai nasional, dari hulu sampai dengan hilir. Selama ini PLN juga telah bekerja sama dengan banyak smelter, yang kebutuhan listriknya bisa mencapai 6.761 MVA.

Nantinya PLN juga akan memberikan dukungan mereka untuk memasok listrik ke pabrik baterai kendaraan listrik.

Perkembangan industri baterai itu dinilai PLN juga akan bisa membantu menumbuhkan ekosistem kendaraan listrik yang selaras dengan program Electrifying Lifestyle yang telah dicanangkan PLN. Dalam hal ini, PLN juga telah menyiapkan sejumlah stasiun pengisian daya yang tersebar di seluruh Indonesia.

 

Penulis: Edo Fernando

Editor: Faris Primayudha

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar