image

"gold"
Sumber gambar: gettyimages.com

Dunia Tambang / 29 September 2021 / 0 Komentar

Mineral Emas 

Awak Mas Sepenuhnya Diakuisisi Indika Energy, Target Mulai Produksi 2024

duniatambang.co.id - PT Indika Energy Tbk kini kembali bersiap untuk merambah bisnis tambang emas. Sebelumnya PT Indika Energy Tbk telah berhasil mengakuisisi seluruh saham yang dimiliki perusahaan tambang asal Australia, Nusantara Resources Limited. Pihak perusahaan menjelaskan bahwa perkembangannya sampai sekarang ini sudah menyelesaikan Front-End Engineering Design atau FEED.

“Perkembangan yang bisa kami sampaikan sekarang ini adalah kami baru saja menyelesaikan tahap FEED,” ungkap Ricky Fernando selaku Head of Corporate Communication dari Indika Energy.

Pihak Indika Energy mengatakan proyek tambang emas itu bernama Awak Mas, yang ditargetkan untuk bisa mulai melakukan kegiatan produksi pada tahun 2024, yang output-nya diperkirakan bisa menghasilkan 100 ribu ons emas untuk setiap tahunnya.

Melihat kembali pada bulan Juni lalu, Indika Energy secara resmi telah melakukan penandatanganan perjanjian akta pelaksanaan atau Implementation Deed guna mengambil alih seluruh saham perusahaan tambang Australia, yakni Nusantara Resources Limited.

Perusahaan menjelaskan bahwa akuisisi tersebut adalah bagian dari langkah strategis Indika Energy guna menambah kepemilikan saham di Nusantara Resources Limited dalam rangka diversifikasi.

Nusantara Resources Limited sebelumnya diketahui merupakan rekan patungan Indika Energy dalam membentuk perusahaan joint venture, yakni PT Masmindo Dwi Area. Perusahaan itu adalah yang memiliki hak pengelolaan proyek tambang emas Awak Mas yang pusat aktivitasnya dilakukan di kawasan Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.

Sebagai informasi, Nusantara Resources Limited sebelumnya memegang 75 persen saham PT Masmindo Dwi Area, sementara Indika Energy hanya memiliki saham sebesar 25 persen di perusahaan tersebut. Dengan adanya akuisisi atas Nusa Resources Limited seluruhnya, maka bisa dipastikan bahwa keberlangsungan dari proyek tambang emas Awak Mas sepenuhnya bakal berada di bawah penguasaan Indika Energy.

 

Penulis: Edo Fernando

Editor: Umar RP.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar