image

"Gosowong Gold Mine"
Sumber gambar: nhm.co.id

Dunia Tambang / 27 September 2021 / 0 Komentar

Mineral NHM 

NHM Temukan Cadangan Emas Baru di Gosowong

duniatambang.co.id - Tim eksplorasi PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) dikabarkan baru saja menemukan cadangan baru emas. Tentunya ini merupakan sebuah kabar gembira bagi perusahaan dan juga masyarakat sekitar, serta pemerintah daerah setempat. Dengan demikian usia tambang diprediksi akan bertambah sampai 5 tahun lagi.

Cadangan emas baru itu ditemukan di area tambang emas Gosowong di wilayah Kontrak Karya PT Nusa Halmahera Minerals yang ada di Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara. Lebih lanjut, cadangan baru tersebut merupakan tambahan cadangan dari sejumlah temuan sumber daya baru.

Revisi studi kelayakan atas Nusa Halmahera Minerals yang diterima pihak Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Ditjen Minerba ESDM), adalah sebuah keyakinan profesional, sehingga Nusa Halmahera dan termasuk PT Aneka Tambang semakin yakin dengan adanya penambahan cadangan emas tersebut.

Di tempat terpisah, pihak Ditjen Minerba Kementerian ESDM mengkonfirmasi telah menerima dan secara teknis-ekonomis, memberikan persetujuan atas dokumen revisi studi kelayakan. Pihak Ditjen Minerba Kementerian ESDM pun juga telah meminta Nusa Halmahera Minerals untuk segera melakukan tindak lanjut.

Dua tambang aktif yang ada di Gosowong yakni, tambang Kencana dan Toguraci dinilai memiliki prospek yang cemerlang di masa mendatang. Merujuk pada dokumen revisi studi kelayakan 2021, total cadangan terkira tambang tersebut diketahui sebesar 860 ribu ounces atau sekitar 26,9 ton emas.

Apabila selaras dengan target penambangan perusahaan, yang berada di angka 180 ribu ounces per tahun, dan penambahan sumber daya baru itu, dihitung-hitung usia tambang Gosowong bisa lebih dari 5 tahun lagi. Namun perlu dicatat bahwa besaran sumber daya dan juga cadangan itu bisa saja berubah seiring hasil eksplorasi berikutnya yang terus dilakukan sampai sekarang.

Diketahui, Nusa Halmahera Minerals sebelumnya memang mengaku tengah gencar-gencarnya melakukan kegiatan eksplorasi guna menemukan cadangan sumber daya baru, sepanjang tahun 2020 sampai dengan 2021 ini. Perusahaan menggunakan 9 unit drill rig untuk permukaan, dan 4 unit untuk bawah tanah.

 

Penulis: Edo Fernando

Editor: Umar RP.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar