image

"Alat berat pertambangan"
Sumber gambar: gettyimages.com

Dunia Tambang / 22 September 2021 / 0 Komentar

ESDM Eksplorasi EBT 

ESDM Dorong Emiten Tambang Gencar Lakukan Eksplorasi

duniatambang.co.id - Kebutuhan mineral strategis untuk fondasi pembangunan dan pengembangan energi baru terbarukan (EBT) semakin meningkat. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral pun semakin giat mendorong emiten-emiten pertambangan untuk melakukan eksplorasi sumber daya mineral.

Saat ini pemerintah tengah berfokus pengembangan industri hijau. Salah satu langkah dan kebijakan yang diambil adalah dengan memanfaatkan keberadaan nikel yang begitu melimpah di negeri ini, untuk dijadikan fondasi pengembangan pabrik baterai, infrastruktur EBT dan juga kendaraan listrik. Bagi pemerintah, ini merupakan langkah yang sejalan dengan upaya menurunkan emisi.

Selain keberadaan nikel yang melimpah, Indonesia juga diketahui memiliki logam tanah jarang yang memiliki potensi sangat besar untuk bisa dikembangkan lebih jauh lagi. Namun, pemerintah masih belum memiliki rencana khusus guna memanfaatkan keberadaan logam tanah jarang secara efektif dan maksimal untuk saat ini.

Di sisi lain, Indonesia yang juga bergantung pada keberadaan industri pertambangan, khususnya komoditas mineral memiliki tantangan yang cukup besar, karena industri tersebut dikenal tidak ramah lingkungan. Terlebih, Indonesia telah menandatangani Perjanjian Paris, yang mengharuskan setiap negara berkomitmen atas masalah perubahan iklim.

Atas dasar tersebut, Kementerian ESDM selalu menekankan kepada setiap emiten pertambangan untuk semakin gencar melakukan kegiatan eksplorasi mineral strategis, guna mendukung pengembangan EBT sampai dengan kendaraan listrik.

Selain untuk mendukung pengembangan EBT, hal tersebut dilakukan Kementerian ESDM agar stigma negatif atas industri mineral yang dikenal tidak ramah lingkungan, bisa hilang di masyarakat, dan mampu menjadi salah satu bagian utama dalam upaya menghasilkan energi bersih.

Namun meski demikian, Kementerian ESDM juga tidak menampik bahwa selama ini banyak sekali tantangan yang dihadapi oleh emiten pertambangan dalam berupaya meningkatkan kegiatan eksplorasi. Utamanya adalah masalah kondisi geologi dan juga faktor internal perusahaan itu sendiri.

 

Penulis: Edo Fernando

Editor: Ocky PR.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar