image

"Ilustrasi pria menyusun mainan kayu"
Sumber gambar: gettyimages.com

Dunia Tambang / 15 September 2021 / 0 Komentar

J Resources 

J Resources Tawarkan Aset ke Investor Guna Lunasi Pinjaman

duniatambang.co.id - PT J Resources Asia Pasifik Tbk (PSAB) dikabarkan tengah berupaya melakukan pelunasan utang anak usahanya, yakni PT J Resources Nusantara terhadap PT Bank Negara Indonesia. Langkah yang diambil J Resources adalah dengan menawarkan sejumlah aset yang dimiliki perusahaan kepada para investor.

Pihaknya menjelaskan bahwa mereka sebenarnya sudah mendapatkan dukungan program refinancing dari sejumlah calon kreditur agar bisa melakukan pelunasan utang ke BNI. Sayangnya hal tersebut mengalami kendala, sehingga para calon kreditur itu pun menjadi ragu.

Meski demikian J Resources terus berupaya untuk bisa mengembalikan kepercayaan para calon kreditur untuk mau memberikan refinancing. Sebagai strategi alternatif, J Resources juga berniat untuk melepas sejumlah aset yang dimiliki perusahaan untuk kemudian ditawarkan kepada para investor yang berminat untuk membeli.

Sebagai informasi, pada April tahun 2019 lalu, J Resources bersama dengan BNI telah melakukan penandatanganan perjanjian pemberian fasilitas pinjaman. Diketahui, ada tiga fasilitas pinjaman yang diberikan BNI kepada J Resources. Pertama adalah fasilitas A yang jumlahnya sebesar USD96,52 juta dengan jangka waktunya sampai dengan 59 bulan, atau tanggal jatuh temponya berlaku pada 16 Maret 2024.

Kemudian fasilitas B berupa pinjaman sebesar USD40 juta yang jatuh tempo pada tanggal 12 April 2020, yang kemudian diperpanjang sampai dengan 12 April 2021. J Resources berencana melunasi fasilitas B dengan memakai dana hasil rights issue. Lalu terakhir adalah fasilitas C yang jumlahnya mencapai USD95,45 juta yang jangka waktunya sampai dengan 8 tahun, dari tanggal 12 April 2019. Pada tanggal 27 Agustus 2021, J Resources melakukan pembayaran sebagian fasilitas B sebesar USD5 juta.

Untuk saat ini, J Resources sedang memproses pembiayaan ulang fasilitas B yang kemudian mengalami kendala. Pihak perusahaan mendapatkan surat dari BNI yang menyebutkan bahwa fasilitas A dan B yang sebelumnya diutilisasi, telah jatuh tempo dan J Resources diminta untuk segera melakukan pembayaran sekaligus.

 

Penulis: Edo Fernando

Editor: Ocky PR.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar