Loading...
image

"Proses penambangan batubara bawah tanah"
Sumber gambar: gettyimages.com

Dunia Tambang / 14 September 2021 / 0 Komentar

Batubara Adaro 

Harga Batubara Terus Melonjak, Begini Kata Adaro

duniatambang.co.id - Harga batubara dalam negeri terus mengalami kenaikan, hal ini terlihat dari Harga Acuan Batubara (HBA) yang terus memecahkan rekor baru, yakni berada di angka USD150,03 per ton pada September 2021.

Mahardika Putranto, selaku Sekretaris Perusahaan PT Adaro Energy Tbk, dalam Public Expose Live pada hari Senin (6/9/2021) lalu, memberikan tanggapannya mengenai tren naiknya harga batubara saat ini. Mahardika menyampaikan bahwa tren harga batubara ini cukup positif, hal ini tidak terlepas dari meningkatnya permintaan batubara sejak awal tahun. Lalu, pada kuartal II ada summer restocking atau adanya persiapan untuk menghadapi musim panas. Selain itu, naiknya harga gas alam dan produksi listrik PLTA yang melemah juga menjadi salah satu faktor yang mendukung tren harga batubara ini.

Mahardika juga menjelaskan tentang kondisi China sebagai produsen batubara terbesar dunia yang saat ini memiliki permintaan batubara yang tinggi, dan melebihi angka produksi batubara domestik.

"Adanya inspeksi pemerintah China pada keselamatan kerja berdampak hal ini dampak negatif tingkat inventori di tambang dan pelabuhan sehingga mendorong harga batubara domestik China tinggi," ungkapnya.

Seperti diketahui, acuan batubara pada tahun lalu mengalami kelemahan karena beberapa faktor, salah satunya adalah dampak pandemi Covid-19 yang turut melemahkan kegiatan industri di berbagai sektor.

Namun tahun ini tren harga batubara menunjukkan pergerakan yang berbeda, di mana HBA terus mengalami kenaikan. Pergerakan yang positif untuk sektor pertambangan ini pun mungkin akan terus berlangsung selama permintaan pasokan batubara terus meningkat, dan faktor lain seperti cuaca musim dingin yang mendorong meningkatnya konsumsi listrik.

Mahardika menambahkan bahwa kenaikan harga komoditas energi, khususnya batubara dalam beberapa tahun terakhir memang sangat dipengaruhi oleh ekonomi, politik dan kebijakan pemerintah. Sehingga tidak heran jika HBA terus mengalami fluktuasi, yang hingga sekarang terus memperlihatkan adanya kenaikan harga.

 

Penulis: Yuniar Novianti

Editor: Umar RP.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar