Detail Berita


Pemerintah Pasang Listrik Gratis, Akhirnya Masyarakat Kurang Mampu Cicip Cahaya Negara



Tanggal terbit: 23-07-2019

duniatambang.co.id – Masyarakat kurang mampu antusias menantikan penyambungan instalasi listrik gratis dari pemerintah. Pemasangan listrik gratis oleh pemerintah ini digerakkan melalui Kementerian Energi Sumber Daya Manusia (ESDM). Dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) yang telah dialokasikan sebesar 6 triliun rupiah. Kementerian ESDM juga bekerja sama dengan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) dan puluhan perusahaan BUMN lainnya untuk mendukung pemasangan listrik gratis ini.

Untuk menutupi kekurangan biaya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, mengaku lepas setir mencari sumbangan badan usaha untuk merampungkan pendanaan. Jonan juga berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk membantu biaya pemasangan listrik. Dukungan pemda berupa alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk memberikan sambungan listrik bagi masyarakat kurang mampu di wilayahnya masing-masing.

Baca juga: Mendekati Target 35.000 MW, PLTU Jawa 7 Segera Beroperasi

Disampaikan oleh CNN Indonesia pada Senin (22/07/19), Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan (Ditjen Gatrik) Kementerian ESDM pernah mencatat sebanyak 721.008 rumah tangga kurang mampu yang belum memasang listrik per 1 Juli 2019.

Salah satu kendala masyarakat belum memasang listrik karena mereka tidak mampu menanggung biaya pemasangannya yang sangat tinggi. Sebetulnya, jaringan listrik telah tersedia dan kebanyakan mereka belum mampu untuk membayar pemakaian listrik sehari-hari.

PT PLN menyampaikan penyelesaian megaproyek ketenagalistrikan 35.000 MW akan mencapai puncak pada tahun 2020 mendatang. Upaya pemerintah dalam pemasangan listrik gratis untuk masyarakat kurang mampu adalah salah satu upaya untuk mengejar rasio elektrifikasi tahun ini sebesar 99,9%. Pemerintah berusaha melayani pemasangan listrik untuk masyarakat kurang mampu ini untuk mewujudkan pendistribusian listrik yang berkeadilan sosial.

 

(MS)

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !