Loading...
image

"Stockpile batubara"
Sumber gambar: gettyimages.com

Dunia Tambang / 8 September 2021 / 0 Komentar

Batubara PLN 

Minta Perbaiki Skema Kontrak, Pemerintah Tegaskan Komitmen Pemenuhan Pasokan Batubara ke PLN

duniatambang.co.id - Pemerintah menetapkan Keputusan Menteri ESDM No. 139/2021 tentang Pemenuhan Kebutuhan Batubara Dalam Negeri. Pemerintah benar-benar mendukung dan menjamin pasokan batubara untuk pembangkit listrik PLN. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif saat Rapat Kerja antara Menteri ESDM dengan Komisi VII DPR RI, pada Kamis (26/08/2021) lalu.

"Kita menjamin ketersedian pasokan batubara untuk PLN dan melalui Keputusan Menteri ESDM Nomor 139/2021 mengatur sanksi lebih tegas terhadap perusahaan yang tidak memenuhi kontrak batubara dalam negeri," Tegasnya.

Sanksi yang dimaksud adalah larangan penjualan batubara ke luar negeri sampai perusahaan batubara tersebut dapat memenuhi Domestic Market Obligation (DMO) yang sudah ditentukan pemerintah, yaitu sebesar 25% dari total produksi batubara. Selain itu, pemerintah juga akan memberikan denda selisih nilai internasional, dan akan dilakukan pengoreksian produksi batubara pada tahun depan.

Hal tersebut sudah cukup menegaskan keseriusan pemerintah dalam komitmennya untuk menunjang kebutuhan PLN dalam memenuhi target listrik yang dibutuhkan masyarakat dan industri nasional.

Maka untuk mengantisipasi krisis pasokan batubara di tahun-tahun mendatang, Arifin meminta PLN untuk memperbaiki skema kontrak pasokan batubara. Menurutnya, skema yang telah dijalan oleh PLN masih sangat rentan. Pasalnya, kontrak PLN saat ini yaitu sebanyak 60% dilakukan dengan perusahaan penambang, namun 40% sisanya berkontrak dengan model trader. Hal tersebut mengakibatkan perusahaan penambang tidak memiliki kewajiban suplai batubara ke trader, sehingga mereka akan lebih memilih untuk melakukan ekspor. Arifin sendiri meminta agar PLN dapat membeli langsung dari perusahaan yang memiliki izin usaha penambangan batubara, dan mengurangi adanya kendala pasokan batubara di kemudian hari.

 

Penulis: Yuniar Novianti

Editor: Ocky PR.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar