Loading...
image

"Ilustrasi lokasi energi geothermal"
Sumber gambar: gettyimages.com

Dunia Tambang / 6 September 2021 / 0 Komentar

Energi Geothermal 

Kembangkan Potensi Panas Bumi, Pemerintah dan Geo Dipa Energi Tandatangani Nota Kesepahaman

duniatambang.co.id - Panas bumi atau geothermal merupakan salah satu sumber energi ramah lingkungan yang dapat diperbarui. Saat ini, pemerintah sangat mendukung penuh pemanfaatan sumber energi ramah lingkungan, mengingat hal ini sejalan dengan komitmen Paris Agreement dalam menghasilkan energi yang bersih dan mengurangi emisi gas berlebih.

Melansir web resmi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Badan Geologi Kementerian ESDM telah menandatangani Nota Kesepahaman terkait Penyelidikan dan Pelayanan Kegelogian untuk Pengembangan Panas Bumi bersama  PT Geo Dipa Energi (Persero) pada hari Senin (30/08/2021) lalu. Penandatanganan ini dilakukan oleh Kepala Badan Geologi, Kementerian ESDM Eko Budi Lelono dan Direktur Utama PT Geo Dipa Energi (Persero) Riki Firmandha Ibrahim.

Pada kesempatan yang sama, Eko menyampaikan bahwa sinergi dalam pengembangan panas bumi nasional ini sangat penting. Ia berharap masyarakat dapat segera merasakan manfaat dari panas bumi yang ramah lingkungan ini.

"Seperti halnya peran penting fluida panas bumi sebagai pembawa energi panas dan mineral dari reservoir panas bumi ke permukaan agar bisa dimanfaatkan, maka sinergi dua institusi ini juga sangat penting dalam studi pengembangan panas bumi di Indonesia, agar lebih memanfaatkan sumber daya domestik dan teknologi tepat guna, sehingga bermanfaat dan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat," ujar Eko.

Eko juga menyampaikan bahwa berdasarkan Data Badan Geologi dalam Peta Distribusi Potensi Pabas Bumi Indonesia, per Desember 2020, Indonesia memiliki 357 lokasi potensi panas bumi dengan total potensi sebesar 23.765,5 MWe. Sebanyak 2.175,7 MWe atau sekitar 9% dari total potensi telah dieksploitasi untuk Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) yang menjadi nomor 2 di dunia dalam pemanfaatan listrik dari sumber energi panas bumi.

Melihat berlimpahnya sumber panas bumi nasional, pemerintah dan instansi terkait diharapkan untuk segera melakukan eksplorasi di beberapa titik yang berpotensi tersebut. Namun pemerintah tetap harus memberikan perhatian pada harga jual ke konsumen seperti dibidang sumber energi terbarukan lainnya, agar harga listrik dari panas bumi ini memiliki daya saing yang kuat di kalangan industri maupun masyarakat sendiri.

Sementara itu, Riki, selaku Direktur Utama PT Geo Dipa Energi juga menyampaikan bahwa pihaknya akan terus berinovasi dalam mengembangkan sumber energi panas bumi ini secara masif. Dengan adanya dukungan dan kerja sama dari pemerintah untuk menyusun strategi dalam upaya pemenuhan energi nasional, maka pihaknya optimis pengembangan panas bumi dalam negeri ini akan menciptakan pembangunan ekonomi masyarakat.

 

Penulis: Yuniar Novianti

Editor: Umar RP.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar