Loading...
image

"Solar Energy"
Sumber gambar: gettyimages.com

Dunia Tambang / 3 September 2021 / 0 Komentar

Energi EBT PTBA 

Manfaatkan Lahan Pasca Tambang, PTBA Siap Dukung EBT

duniatambang.co.id - Indonesia memiliki potensi Energi Baru Terbarukan (EBT) yang sangat menggiurkan. Dengan semakin banyaknya pengembangan teknologi untuk mendukung eksploitasi energi tersebut, maka Indonesia dapat menjamin ketersediaan energi hingga 100 tahun kedepan. Melihat adanya potensi EBT didepan mata, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) berencana memanfaatkan peluang tersebut dengan memanfaatkan lahan pasca tambang.

Sebagai informasi, PTBA sendiri memiliki lahan pasca tambang seluas 2.200 Ha per Tahun 2020, dan diproyeksinakan akan meningkat menjadi 5.200 Ha pada Tahun 2050 mendatang.

Fuad IZ Fachroeddin, selaku Direktur Pengembangan PTBA, dalam Webinar SUKSES2S bertajuk Pengembangan PLTS untuk  Kemerdekaan Energi, pada Kamis (26/08/2021), mengatakan bahwa pihaknya memiliki rencana untuk mengembangkan potensi EBT yang sudah dipetakan dalam Rencana Umum Energi Nasional (RUEN). Potensi EBT tersebut adalah tenaga surya yang mencapai 207,8 GW. “Kami mempunyai rencana untuk 2030-2050, di mana renewable masuk dalam salah satu pilar energi yang ada di Bukit Asam untuk mendukung green energy dan beyond coal Bukit Asam,” jelasnya.

Namun dalam pengembangan PLTS itu sendiri, terdapat beberapa tantangan seperti ketersediaan lahan dan tarif bagi konsumen. Namun pihaknya juga sudah memperhitungkan 2 faktor tersebut.

PTBA sendiri telah menyiapkan lahan seluas 200 Ha di Ombilin yang membutuhkan persetujuan dari PLN karena kapasitasnya yang besar, dan lahan dengan luas yang sama di Tanjung Enim, Sumatera Selatan yang telah disampaikan ke pihak PLN. Selain itu, PTBA juga menyediakan lahan di Kalimantan yang diasumsikan dapat dimulai dari 25 MW hingga 200 MW.

Fuad juga menyampaikan bahwa PTBA telah memiliki rencana besar di tiga wilayah tersebut dan berharap PLN dapat menyetujuinya. Pihaknya berharap proyek PLTS tersebut dapat masuk ke Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) PLN.

 

Penulis: Yuniar Novianti

Editor: Ocky PR.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar