Loading...
image

"Ilustrasi emas batangan"
Sumber gambar: gettyimages.com

Dunia Tambang / 2 September 2021 / 0 Komentar

Mineral Emas 

Antam Siap Kelola Gunung Emas Blok Wabu?

duniatambang.co.id - Blok Wabu, daerah dengan kandungan emas yang berada di Provinsi Papua, merupakan bagian dari wilayah Kontrak Karya II PT Freeport Indonesia (PTFI) yang telah dikembalikan ke pemerintah Indonesia pada awal Juli 2015. Pengembalian blok Wabu tersebut merupakan bagian dari kesepakatan dalam amandemen Kontrak Karya menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK), dimana PTFI pada saat itu masih menunggu kepastian dari pemerintah dalam perpanjangan operasi kegiatan penambangan yang akan berakhir pada tahun ini. PTFI sendiri telah melakukan eksplorasi di blok Wabu tersebut, namun belum pernah melakukan eksploitasi.

Tahun lalu, Orias Petrus Moedak, selaku Direktur Utama MIND ID menyatakan bahwa pihaknya mendapatkan permintaan dari pemerintah Provinsi Papua untuk mengelola blok Wabu tersebut. Namun pengelolaan tersebut diserahkan Inalum kepada PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) sebagai perusahaan produsen emas. "Ada surat dari Gubernur yang menyerahkan pengelolaan ke MIND ID, tapi yang ahli emas adalah Antam, akan serahkan ke Antam tindak lanjuti. Kami akan kerja sama dengan pemda untuk tambang di Papua, ini masih tahap awal," kata Orias dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VI, Selasa (29/9/2020).

Kemudian dalam konferensi pers, pada selasa (31/08/2021), Orias kembali menyampaikan bahwa blok Wabu pada saat ini masih berada dibawah Kementerian ESDM. Adapun urutan penawaran satu area tersebut yaitu ke negara pemerintah pusat, pemerintah daerah, kemudian baru ke BUMN, BUMD, dan swasta.

Menteri BUMN, Erick Tohir juga telah mengirim surat kepada Menteri ESDM, Arifin Tasrif, untuk meminta agar Antam dapat mengelola daerah potensi emas tersebut. Erick juga mendukung penuh Antam untuk mengambil alih blok Wabu ini, mengingat Antam memiliki karyawan yang cukup banyak, sehingga sangat disayangkan jika Antam hanya mengandalkan bisnis perdagangan emasnya saja.

Melansir dari laman jubi.id, eksplorasi yang telah dilakukan PTFI di blok Wabu sendiri diidentifikasi mencapai lebih dari 116 juta ton bijih mineral dengan kandungan emas dan perak. Setiap ton bijih tersebut rata-rata mengandung 2,16 gram emas dan 1,76 gram perak, dengan cut off grade sekitra 1 gram per ton. Sehingga total emas yang dapat dieksploitasi yaitu sekitar 8,1 juta ton emas.

 

Penulis: Yuniar Novianti

Editor: Ocky PR.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar