image

"Ilustrasi kegiatan pengeboran pada tambang bawah tanah"
Sumber gambar: shutterstock.com

Dunia Tambang / 27 August 2021 / 0 Komentar

Tambang Freeport 

Tambang Bawah Tanah Terbesar di Dunia, Ada di Indonesia

duniatambang.co.id - PT Freeport Indonesia, dalam kegiatan Upacara Peringatan HUT RI ke-76 yang diselenggarakan di Tembagapura mengatakan bahwa pihaknya telah sepenuhnya berpindah ke pertambangan bawah tanah, dari yang sebelumnya melaksanakan kegiatan operasional pertambang secara terbuka.

Adapun, pihak Freeport Indonesia menjelaskan dalam kegiatan penambangan bawah tanah itu pihaknya mengandalkan teknik blok caving. Dalam kesempatan yang sama, Freeport Indonesia mengklaim bahwa tambang bawah tanah yang mereka kelola, adalah yang paling besar di dunia.

Lebih lanjut, tambang bawah tanah milik Freeport Indonesia terdiri dari empat tambang, yakni Deep Mill Level Zone (DMLZ), Deep Ore Zone (DOZ), Big Gossan dan Grasberg Block Cave (GBC). Dijelaskan pihak Freeport, keempat tambang tersebut ditarget dengan produksi yang mencapai angka ribuan ton untuk setiap harinya.

Tambang Big Gossan misalnya, ditarget perusahaan untuk bisa memproduksi 7000 ton setiap hari. Lalu tambang Deep Mill Level Zone ditarget 60 ribu ton setiap hari, dan Grasberg Block Cave 70 ribu ton sehari. Sementara untuk tambang Deep Ore Zone masih dalam proses pengerjaan untuk ditarget selesai dan bisa beroperasional pada akhir tahun.

Dari keempat tambang bawah tanah tersebut, Freeport Indonesia secara total menargetkan produksi sampai dengan 180 ribu ton setiap hari. Bahkan untuk tambang Grasberg Block Cave, ketika sudah mencapai maksimal kapasitas, jumlah produksinya bisa mencapai 130 ribu ton per hari ke depannya.

Untuk mencapai jumlah produksi harian sebesar itu, tambang Grasberg Block Cave juga telah didukung oleh teknologi mutakhir, seperti lokomotif otomatis yang dikendalikan secara jarak jauh. Selain menunjang proses produksi, penggunaan teknologi tersebut diharapkan Freeport Indonesia bisa meningkatkan keamanan dan keselamatan para pekerja.

“Tambang bawah tanah ini menjadi yang paling besar di dunia. Kita seharusnya bisa bangga, jika tambang bawah tanah paling besar ini berada di Indonesia, terlebih di wilayah Papua,” ungkap pihak Freeport Indonesia.

 

Penulis: Edo Fernando

Editor: Ocky PR.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar