image

"pekerja di site pertambangan"
Sumber gambar: shutterstock.com

Dunia Tambang / 26 August 2021 / 0 Komentar

Tambang Komoditas 

Kenaikan Harga Komoditas Tambang Dorong Kinerja Ekspor Sampai 100 Persen

duniatambang.co.id - Harga sejumlah komoditas pertambanagn mengalami peningkatan yang berdampak pada peningkatan kinerja ekspor nasional. Tercatat, ekspor untuk komoditas pertambangan mengalami peningkatan sampai dengan 105,69 persen year-on-year dan berada di angka USD2,86 miliar.

Pihak Badan Pusat Statistik mengatakan bahwa peningkatan ekspor itu terjadi pada komoditas batubara, biji tembaga dan lignit. Dijelaskan BPS bahwa harga batu bara mengalami kenaikan sebesar 194,7 persen untuk periode tahunan terakhir. Hal yang sama juga dialami oleh timah, lignit sampai dengan tembaga yang rata-rata juga mengalami kenaikan sangat tajam.

Selain sektor pertambangan, peningkatan kinerja ekspor nasional juga didorong oleh industri pengolahan. Industri ini mengalami pertumbuhan sebesar 20,15 persen di angka USD13,56 miliar dan menjadi pendorong ekspor paling besar.

Sementara ada juga dari sektor Migas yang juga memberi kontribusi peningkatan ekspor sebanyak USD1 miliar, yang tumbuh 50,08 persen. Faktor pendukungnya adalah karena kenaikan harga minyak global.

Sayangnya, sektor pertanian justru mengalami hal yang sebaliknya, di mana sektor ini mengalami penurunan drastis sebanyak 17,99 persen berada di angka USD290 juta. Pihak BPS menjelaskan faktor penyebabnya dikarenakan penurunan pada kinerja produksi pertanian, yang kemudian membuat harga global juga mengalami penurunan. Untuk sektor pertanian itu, penurunan terjadi pada komoditas tanaman dan obat aromatik, rempah, kopi dan juga sarang burung.

Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik di atas, untuk laporan per bulan Juli 2021, kinerja ekspor nasional tercatat berada di angka USD17,70 miliar, di mana angka tersebut mengalami pertumbuhan sebesar 29,32 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu, atau secara year on year.

 

Penulis: Edo Fernando

Editor: Umar RP.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar