Loading...
image

"tambang batubara"
Sumber gambar: gettyimages.com

Dunia Tambang / 9 August 2021 / 0 Komentar

International Batubara 

Cina Buka Kembali 58 Tambang Batubara yang Sebelumnya Ditutup

duniatambang.co.id - Pemerintah Cina memutuskan untuk kembali membuka sejumlah tambang batu bara yang sebelumnya telah ditutup sebagai respon dari semakin tingginya permintaan batubara. Terlebih, permintaan dalam negeri untuk kebutuhan energi listrik negara tersebut juga semakin meningkat. Cina sendiri sebelumnya menutup sejumlah tambang batu bara mereka sebagai bagian dari misi dekarbonisasi untuk bisa mencapai karbon netral di tahun 2060 mendatang.

Ada sekitar 15 tambang batu bara yang akan dibuka untuk beroperasional kembali, dan untuk saat ini, operasionalnya akan dibuka selama satu tahun ke depan. Keputusan setelah jangka waktu satu tahun akankah tetap beroperasional atau ditutup kembali masih belum digodok oleh pemerintah Cina.

Tambang-tambang batu bara yang kembali dioperasionalkan tersebut berlokasi di Shanxi, Xinjiang dan Provinsi Mongolia Dalam yang berada di bagian utara Cina. 15 Tambang tersebut, menyusul 38 tambang batu bara lainnya yang juga telah dibuka kembali pada pekan lalu. Sehingga sampai sekarang ini, total tambang batu bara yang kembali dioperasionalkan sebanyak 53 tambang.

Pemerintah Cina memutuskan untuk membuka kembali sejumlah tambang batu bara itu karena melihat harga komoditas emas hitam yang telah meningkat ? dari harga normal pada bulan Mei lalu. Permintaan yang signifikan karena cuaca ekstrem musim panas menjadi penyebab lonjakan harga tersebut.

Pemerintah Cina berharap, pembukaan kembali tambang batu bara itu bisa memberikan tambahan pasokan yang ditargetkan sebesar 44 juta ton. Sebagai informasi, di kuartal pertama tahun ini, volume produksi batu bara Cina mengalami peningkatan sebesar 16 persen di angka 970,56 Mt, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar 829,91 Mt.

Diketahui tidak hanya Cina yang mengambil langkah membuka kembali tambang batu bara yang sudah ditutup, Australia pun juga berencana memperpanjang operasional tambang batu bara mereka.

 

Penulis: Edo Fernando

Editor: Ocky PR.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar