Loading...
image

"Batubara"
Sumber gambar: gettyimages.com

Dunia Tambang / 27 July 2021 / 0 Komentar

Batubara ESDM PLN 

ESDM: Pasokan Batubara PLN Aman Meski Ada Lonjakan Harga

duniatambang.co.id - Kementerian ESDM berkomitmen pasokan batubara yang diperuntukkan pada kebutuhan domestik untuk sektor kelistrikan akan bisa tercukupi. Sebelumnya, PLN mengaku khawatir atas komitmen produsen batu bara nasional. Pihak Kementerian ESDM pun menilai, komitmen dari perusahaan penghasil batu bara masih dalam skala yang bagus. Meski sanksi yang sebelumnya diterapkan soal pemenuhan persentase DMO telah dihapus.

Kementerian ESDM yakin nantinya perusahaan batu bara akan kooperatif soal kekhawatiran yang diutarakan pihak PLN, karena telah sering kali menggelar rapat bersama dengan kedua belah pihak tersebut. Tak hanya itu, komunikasi yang intens juga telah dilakukan Kementerian ESDM dan produsen batu bara, guna benar-benar memastikan pasokan aman.

Pihak PLN mengatakan bahwa alasan kekhawatiran tersebut cukup tinggi, mengingat harga batu bara di pasaran saat ini tengah melonjak, tembus ke angka USD140 per ton, sehingga bisa berpengaruh pada operasional perusahaan.

Sampai dengan semester pertama tahun 2021, diketahui bahwa realisasi batu bara untuk kebutuhan PLTU milik PLN mencapai 33 juta ton. Jumlah tersebut dianggap masih sangat jauh dari besaran konsumsi yang mencapai 121 juta ton untuk tahun ini.

PLN juga tidak kali ini saja meminta agar para perusahaan batu bara bisa memenuhi komitmen mereka untuk bisa mencukupi pasokan dalam negeri, khususnya untuk kebutuhan pembangkit listrik.

Selain itu, meskipun harga batu bara DMO untuk kebutuhan pembangkit listrik sudah diatur, pihak PLN masih tetap waswas, jika nantinya perusahaan batu bara cenderung memilih melakukan penjualan batu bara ke luar negeri, daripada harus memasok kebutuhan DMO.

Pihak PLN beranggapan jika pun perusahaan batu bara tetap menjual hasil tambang mereka untuk pasar dalam negeri dengan harga USD70 per ton, mereka tidak akan mengalami kerugian. Memang, keuntungannya tidak sebesar jika dijual ke pasar luar negeri.

Kementerian ESDM juga tidak heran dengan kekhawatiran yang diutarakan PLN, mengingat pasokan batu bara untuk sektor listrik dalam negeri sejak Desember tahun lalu mengalami penurunan. Hal ini diakibatkan oleh kondisi cuaca yang ekstrem, produksi yang menurun serta kenaikan harga batu bara di pasar global.

 

Penulis: Edo Fernando

Editor: Umar RP.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar