Loading...
image

"Mobil Tesla"
Sumber gambar: shutterstock.com

Dunia Tambang / 23 July 2021 / 0 Komentar

Energi BHP Billiton Tesla 

BPH Billiton Siap Pasok Nikel Dalam Jumlah Besar ke Tesla

duniatambang.co.id - Tesla Inc. dikabarkan telah menandatangani perjanjian kerja sama penyediaan nikel dari perusahaan asal Australia, BPH Billiton. Langkah ini diambil Tesla karena khawatir atas rencana penghentian ekspor nikel oleh pemerintah Cina. Kerjasama tersebut dilaporkan menjadi yang ketiga yang telah ditandatangani Tesla dalam kurun waktu delapan bulan terakhir ini.

Diketahui sebelum melakukan penandatanganan kerja sama dengan BPH Billiton, Tesla telah menjalin kerja sama pemenuhan kebutuhan nikel dengan tambang Goro yang mendapat dukungan dari Trafigura. Elon Musk, pemilik dari Tesla telah sering kali menjelaskan bahwa perusahaan miliknya itu harus bisa mengamankan pasokan nikel secara berkelanjutan.

Untuk bisa memenuhi target itu, Tesla tidak segan-segan untuk menawarkan kontrak bernilai sangat besar dengan jangka panjang, kepada produsen nikel mana pun yang mampu memenuhi kebutuhan pasokan perusahaan.

Nikel selama ini menjadi bahan baku utama yang dibutuhkan untuk pembuatan baterai kendaraan listrik, dan ini disebutkan Tesla sebagai bahan baku yang paling kuat saat ini. Dengan adanya fakta ini, diyakini permintaan nikel yang digunakan untuk pembuatan baterai kendaraan listrik akan mengalami lonjakan pesat sampai dengan 500 persen dalam beberapa tahun ke depan.

Sebagai informasi, untuk setiap kendaraan listrik, khususnya roda empat, baterai yang digunakan itu setidaknya mengandung 40 kg nikel di dalamnya.

Sejumlah perusahaan pertambangan nikel yang ada di Cina saat ini tengah menggenjot produksi nikel mereka untuk strategi jangka panjang. Perusahaan-perusahaan itu pun melirik Indonesia untuk bisa menyediakan pasokan nikel yang dibutuhkan.

Tidak diketahui berapa besaran pasokan nikel yang disepakati antara Tesla dengan BPH. Namun diperkirakan jumlah pasokan itu nantinya bisa mencapai 18 ribu ton nikel yang harus disediakan oleh BPH kepada Tesla untuk setiap tahunnya.

 

Penulis: Edo Fernando

Editor: Ocky PR.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar