Loading...
image

"Pink Diamond"
Sumber gambar: gettyimages.com

Dunia Tambang / 22 July 2021 / 0 Komentar

Mineral Botswana 

Botswana Kembali Bersinar, Berlian Merah Muda Terbesar Dunia Berhasil Ditemukan!

duniatambang.co.id - Afrika memang dikenal sebagai salah satu penghasil berlian terbesar di dunia. Kali ini, di Botswana, kembali ditemukan berlian merah muda yang memiliki berat 62,7 karat. Berlian yang dijuluki Boitumelu tersebut, disebut sebagai berlian merah muda terbesar didunia. Boitumelu sendiri memiliki arti kebahagiaan, karena berlian ini dianggap sebagai berlian yang paling berharga sekaligus langka di dunia.

Berlian tersebut berukuran 26 mm x 17 mm x 16 mm dengan klasifikasi tipe IIA. Tipe ini merupakan tipe dengan kualitas tinggi yang hampir atau seluruhnya bebas dari pengotor, sehingga biasanya tidak berwarna dan sangat transparan dalam ultraviolet. Berlian merah muda lainnya juga ditemukan dengan berat yang lebih kecil, yaitu 22,21 karat di periode produksi yang sama.

Seperti dilansir dari The National News pada Rabu (21/7/2021), berlian ini ditemukan di tambang Karowe, Botswana, oleh Lucara Diamond Corporation. Lucara Diamond Corp. adalah perusahaan eksplorasi dan pertambangan berlian yang didirikan pada Tahun 2009, dengan kantor pusat berada di Vancouver, Kanada. Sebelumnya tambang ini sudah memproduksi 17 berlian dengan berat lebih dari 100 karat, dan lima diantaranya lebih dari 3.000 karat.

Berlian merah muda termasuk berlian yang sangat langka, sehingga memiliki harga jual yang sangat tinggi. Hal ini dibuktikan pada Tahun 2020 lalu, berlian langka dengan warna ungu-merah muda yang ditemukan di Rusia tersebut berhasil di lelang dengan harga yang fantastis. Berlian seberat 14,8 karat yang dijuluki “The Spirit of the Rose” tersebut terjual dengan harga US$ 26,6 juta atau sekitar Rp.372,4 miliar (asumsi kurs Rp.14.000 per US$) di rumah lelang Sotheby’s, Jenewa, Swiss. Namun rekor harga berlian merah muda saat ini masih dipegang oleh CTF Pink Star yang memiliki berat 59 karat. Berlian tersebut berhasil terjual dengan harga US$ 71 juta di rumah lelang Sotheby’s di Hongkong pada April 2017 lalu.

 

Penulis: Yuniar Novianti

Editor: Umar RP.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar