Detail Berita


Pentingnya Efisiensi Energi di Industri Pertambangan


"Energy Terbarukan"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 19-07-2021

duniatambang.co.id - Sejumlah langkah yang diambil oleh perusahaan pertambangan untuk meningkatkan efisiensi energi tidak hanya dapat mengurangi biaya operasional, tetapi juga bisa memberikan keuntungan tersendiri. Namun jika langkah tersebut dieksekusi dengan buruk, bisa menjadi elemen risiko tambahan di mata para investor.

Subjek dari efisiensi energi sangat relevan dan telah dipraktikkan selama bertahun-tahun oleh sejumlah perusahaan pertambangan, dalam satu atau cara lainnya. Hal tersebut telah menjadi sebuah rutinitas operasional. Apa yang berubah pada hari ini adalah bahwa masalah tersebut dilihat sebagai risiko iklim dan investasi.

Sekarang ini, efisiensi energi bukan lagi dianggap sebagai masalah teknis. Bank dan para investor akan mencari tahu apakah perusahaan mengambil tindakan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca atau tidak. Efisiensi energi akan masuk dalam permintaan khusus ini dengan cara yang sangat kuat.

Vale Internasional misalnya yang selalu mendapatkan kuesioner semacam itu dari pihak bank dan investor yang ingin tahu apa upaya perusahaan dalam meningkatkan efisiensi energi. Vale mengaku sangat aktif dalam hal efisiensi energi dan pengurangan emisi karbon dalam setiap kegiatan operasionalnya.

Tuntutan bank dan investor kepada perusahaan pertambangan untuk mengadopsi langkah-langkah efisiensi energi tidak hanya berpusat pada perusahaan besar saja, tetapi juga berdampak ke seluruh perusahaan. Hal ini tentu akan membuka peluang bagi mereka yang menyediakan solusi energi.

Masalahnya adalah, sampai sekarang ini belum ada sebuah solusi nyata yang telah siap digunakan. Jadi ada jalan yang cukup panjang bagi semua perusahaan dalam mencari solusi guna meningkatkan efisiensi energi, sebab saat ini yang dibicarakan adalah sebuah industri yang akan selalu menggunakan daya yang sangat tinggi.

Namun masalah efisiensi energi juga terus menjadi perdebatan di kalangan perusahaan pertambangan internasional di kala masalah sumber daya listrik yang juga semakin meningkat karena adanya proses transisi dari penggunaan bahan bakar fosil menjadi energi terbarukan dan ramah lingkungan.

 

Penulis: Edo Fernando

Editor: Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !