Detail Berita


ABM Investama Bakal Akuisisi Tambang Batubara


"penambangan batubara"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 16-07-2021

duniatambang.co.id - Kegiatan ekspansi bisnis dengan melakukan akuisisi tambang batubara yang baru masih akan terus dilakukan oleh PT ABM Investama Tbk (ABMM). Perusahaan mengatakan bahwa jika tidak ada hambatan yang muncul, proses akuisisi tambang batu bara yang baru itu akan dilakukan pada paruh kedua tahun 2021 ini.

ABM Investama menjelaskan bahwa rencana akuisisi tambang batu bara tersebut didasari atas kebutuhan perusahaan dalam rangka menambah cadangan batu bara. Secara khusus pihaknya menegaskan bahwa rencana tersebut bukan disebabkan karena melihat pergerakan harga batu bara yang mengalami tren positif dalam beberapa bulan terakhir.

Rencana akuisisi tambang baru itu telah digodok sejak beberapa tahun yang lalu oleh perusahaan. Sebab, sejumlah tambang yang telah dimiliki ABM Investama telah mulai habis cadangan batu bara yang dimiliki.

Dari laporan yang disampaikan ABM Investama kepada publik pada tanggal 7 Mei 2021, diketahui perusahaan lewat sejumlah anak usahanya memiliki Izin Usaha Pertambangan (IUP) untuk 3 tambang di lokasi yang berbeda. Dua lokasi berada di wilayah Kalimantan Selatan, dan satu lagi berada di Aceh.

Total cadangan batu bara yang dimiliki ABM Investama sampai dengan akhir tahun 2020 dari ketiga tambang itu jumlahnya mencapai 245 juta ton. Pada periode tersebut, ABM Investama mampu memproduksi batu bara sebanyak 12,56 juta ton.

Secara terperinci, 27 persen dari total produksi itu berasal dari tambang batu bara di Kalimantan yang pengelolaannya dilakukan oleh PT Tunas Inti Abadi (TIA). Lalu sebanyak 73 persen diproduksi dari tambang batu bara di Aceh yang pengelolaannya dilakukan oleh Media Djaya Bersama (MDB). Keduanya merupakan anak usaha dari ABM Investama.

Namun sejauh ini ABM Investama masih belum menjelaskan tambang mana yang akan diakuisisi nantinya. Itu termasuk juga besaran cadangan batu bara yang dimiliki tambang tersebut, serta besaran dana yang akan disiapkan untuk akuisisi. Namun dirumorkan, dana investasi yang disiapkan ABM Investama bisa mencapai USD250 juta.

 

Penulis: Edo Fernando

Editor: Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !