image

"Pemuatan batubara ke dalam alat angkut"
Sumber gambar: shutterstock.com

Dunia Tambang / 13 July 2021 / 0 Komentar

Batubara ESDM 

Produsen Batubara Terbesar di Indonesia Periode Kuartal I 2021

duniatambang.co.id - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mempublikasikan besaran produksi batuabara oleh perusahaan-perusahaan tambang dalam negeri, untuk periode kuartal pertama tahun 2021 ini. Total batu bara yang dihasilkan oleh perusahaan tambang batu bara itu mencapai 144 juta ton untuk bulan Januari sampai dengan Maret tahun ini. Hal ini menunjukkan bahwa wabah pandemi tidak memberikan tekanan yang berarti pada kegiatan produksi dan juga konsumsi komoditas emas hitam tersebut.

Meningkatnya produksi batu bara di sejumlah perusahaan tambang batu bara Tanah Air, tidak lepas dari semakin moncernya harga batu bara baik itu di pasar domestik ataupun pasar global dalam beberapa bulan terakhir.

Pada seminggu yang lalu, harga batu bara untuk kontrak bulan Juli 2021 ICE Newcastle berada di angka USD131 per ton. Adapun harga sebesar itu telah mengalami lonjakan sebelumnya sebesar 63,75 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2020 lalu.

Harga itu juga menjadi rekor harga paling tinggi sejak bulan Januari tahun 2011 silam dan diyakini, pergerakan positif harga batu bara akan terus terjadi sampai dengan akhir tahun.

Sementara itu, untuk perusahaan yang paling banyak memproduksi batu bara sepanjang kuartal pertama tahun 2021 ini adalah PT Kaltim Prima Coal (KPC) yang merupakan perusahaan milik Grup Bakrie. Sebagai informasi, Grup Bakrie juga memiliki perusahaan pertambangan batu bara lainnya, yakni PT Arutmin Indonesia.

Kedua perusahaan batu bara milik Grup Bakrie itu menguasai lahan tambang batu bara di wilayah Kalimantan. Di posisi kedua adalah perusahaan batu bara yang sahamnya dimiliki oleh Garibaldi Thohir, yang merupakan kakak dari Menteri BUMN Erick Thohir, yakni PT Adaro Indonesia. Di peringkat ketiga ada PT Kideco Jaya Agung, yang merupakan anak usaha dari PT Indika Energy Tbk (INDY).

Berikut daftar 10 perusahaan batu bara dengan capaian produksi terbesar di kuartal pertama tahun 2021 ini:

  1. Kaltim Prima Coal
  2. Adaro Indonesia
  3. Kideco Jaya Agung
  4. Borneo Indobara
  5. Berau Coal
  6. Bara Tabang
  7. Arutmin Indonesia
  8. Bukit Asam
  9. Multi Harapan utama
  10. Ganda Alam Makmur

 

Penulis: Edo Fernando

Editor: Ocky PR.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar