image

"pekerja perempuan dan laki-laki di site pertambangan"
Sumber gambar: shutterstock.com

Dunia Tambang / 12 July 2021 / 0 Komentar

BUMI Gender 

Bumi Resources Utamakan “Gender Equality” dalam Jenjang Karir Karyawan

duniatambang.co.id - PT Bumi Resources Tbk (BUMI) adalah salah satu perusahaan pertambangan terbesar di Indonesia sekaligus perusahaan induk dari berbagai perusahaan tambang, seperti PT Kaltim Prima Coal dan PT Arutmin Indonesia. Saat ini Bumi Resource merupakan salah satu perusahaan tambang yang mengutamakan tentang kesetaraan gender (Gender Equality) untuk karyawannya. Hal ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) yang digaungkan oleh Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) saat Sidang Umum PBB pada September 2015 lalu, yang menjadikannya sebagai komitmen global dalam menyejahterakan masyarakat dunia. SDGs sendiri memiliki 17 tujuan yang harus digapai, seperti Tanpa Kemiskinan, Tanpa Kelaparan, Kehidupan Sehat dan Sejahtera, Pendidikan Berkualitas, dan Kesetaraan Gender.

BUMI melalui anak perusahaannya, PT Kaltim Prima Coal (KPC) sangat mengutamakan kesetaraan gender dalam setiap proses rekrutmen, jenjang karir dan penempatan kerja. Hal ini tentu saja karena adanya penerapan sistem dan prosedur kepada para karyawannya sehingga terbentuklah lingkungan kerja yang netral dari adanya perselisihan terkait perbedaan jenis kelamin. Kebijakan tersebut menegaskan bahwa selama proses rekrutmen karyawan hingga jenjang karir hanya akan dinilai berdasarkan kualifikasi, kompetensi, dan kualitas para pekerjanya itu sendiri. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya karyawan perempuan yang bekerja di perusahaan tambang tersebut, dimana seperti yang diketahui bahwa perusahaan pertambangan di Indonesia masih didominasi karyawan laki-laki karena pekerjaan ini berkaitan erat dengan pekerjaan lapangan. Faktor utamanya adalah karena kekuatan fisik perempuan yang masih dinilai lebih lemah dibandingkan kekuatan fisik laki-laki.

Seperti dilansir dari cnbc.com, kesetaraan gender tersebut dibuktikan dengan banyaknya karyawan perempuan yang menempati berbagai posisi di KPC seperti operator armada tambang yang langsung bergerak di lapangan hingga posisi Manager dan Komisaris. Sedangkan di BUMI sendiri, karyawan perempuan menempati berbagai posisi seperti Manager, Sr. Manager, Vice President dan Director.

"Keberhasilan tersebut membuktikan bahwa BUMI dan unit usaha telah merealisasikan kebijakan penghormatan HAM BUMI versi 1.0 untuk mengangkat harkat dan martabat perempuan yang selama ini dinilai rentan pelanggaran hak asasi manusia. Kami bangga dengan prestasi ini, karena sebanyak 90% operator perempuan di KPC telah bekerja menjadi operator lebih dari 10 tahun, bahkan di antara mereka ada yang masa kerjanya di atas 25 tahun." ungkap Adika Nuraga Bakrie selaku Deputy President Director BUMI dalam siaran resminya, Kamis (8/7/2021).

Tidak hanya itu, kesetaraan gender ini sendiri memiliki dampak yang sangat positif. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya prestasi yang didapatkan oleh karyawan perempuan di perusahaan ini seperti diraihnya penghargaan “the best operator” oleh 45 operator perempuan sehingga mereka dapat berkompetisi di tingkat internasional, hingga masuknya karya tulis mereka kedalam Top Ten Social Science Research Network bertajuk Employees as Public Relations Agents: Optimizing the Role of PR in Maintaining Reputation of Mining Industry.

Kesetaraan gender ini harus terus diganyangkan di Indonesia, khususnya di dunia pertambangan yang sangat erat dengan dunia lapangan sehingga kesempatan berkarir dan berkarya di dunia profesional dapat dimiliki oleh semua kalangan.

 

Penulis: Yuniar Novianti

Editor: Ocky PR.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar