Detail Berita


Reposisi Industri Jasa Pertambangan Nasional dalam Menghadapi Ketidakpastian Global


"Dokumentasi Webinar Reposisi Industri Jasa Pertambangan Nasional dalam Menghadapi Ketidakpastian Global"
Sumber gambar: Dokumen Aspindo


Tanggal terbit: 09-07-2021

duniatambang.co.id - Sektor pertambangan masih menjadi industri yang sangat menjanjikan dalam usaha percepatan perekonomian di tengah krisis ekonomi yang sedang dialami Indonesia maupun dunia akibat covid – 19. Dapat dibuktikan dengan kontribusi sektor pertambangan terhadap produk domestic bruto (PDB), khususnya dampak efek pengganda yang dihasilkan oleh industri ini.

Hal ini dapat dilihat dari kontribusi sektor pertambangan pada daerah penghasil minerba yang mengambil porsi diatas 50% dibandingkan sektor ekonomi lainnya yang terdapat pada daerah tersebut secara berkelanjutan bergantung kepada seberapa besar kegiatan usaha jasa pertambangan nasional untuk mendukung kegiatan ini.

Tentang pertambangan Mineral dan Batubara, jasa pertambangan didefinisikan sebagai jasa penunjang yang berkaitan dengan kegiatan usaha Pertambangan. Namun demikian, di dalam UU no 3 tahun 2020 penyelenggara jasa pertambangan atau perusahaan yang melakukan kegiatan jasa pertambangan hanya memerlukan izin untuk melakukan kegiatan usaha jasa pertambangan inti.

Hingga saat ini terdapat 107 perusahaan jasa pertambangan telah bergabung dalam keanggotaan ASPINDO. Pada 30 Juni 2021 mendatang, para perusahaan usaha jasa pertambangan tersebut akan mengadakan Musyawarah Nasional ke-5 dengan mengambil tema Reposisi Industri Jasa Pertambangan Nasional dalam Menghadapi Ketidakpastian Global.

Pada acara Munas V ASPINDO tersebut , mengundang Direktur Jenderal Minerba KESDM, pimpinan perusahaan pertambangan, para ketua umum asosiasi di industri pertambangan dan para pimpinan perusahaan anggota ASPINDO.

Direktur Eksekutif ASPINDO Bambang Tjahjono mengajak agar perusahaan jasa pertambangan yang belum menjadi anggota untuk bergabung ke ASPINDO sebagai wadah berkumpulnya para pelaku usaha di sektor jasa pertambangan, manfaat lain seperti memperluas jaringan dan komunikasi antar para pemangku kepentingan di sektor jasa pertambangan. (*)

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !