Loading...
image

"Emas"
Sumber gambar: gettyimages.com

Dunia Tambang / 8 July 2021 / 0 Komentar

Mineral Emas Atom 

Metode Probe Atom Tingkatkan Temuan Emas Lebih Banyak dalam Pirit

duniatambang.co.id - Tim peneliti dari Universitas Curtin, Universitas Australia Barat dan Universitas Geosains Cina telah menemukan bahwa sejumlah kecil emas dapat terperangkap di dalam pirit, membuat ‘Fool’s Gold’ lebih berharga daripada namanya.

Dalam sebuah makalah yang diterbitkan dalam jurnal Geology, para ilmuwan membagikan analisis mendalam untuk lebih memahami lokasi mineralogi emas yang terperangkap di dalam pirit. Ulasan tersebut diyakini bisa mengarah pada metode ekstraksi emas yang lebih ramah lingkungan di masa mendatang.

Menurut kelompok peneliti tersebut, jenis baru emas ‘tidak terlihat’ ini belum pernah dikenali sebelumnya, dan hanya dapat diamati menggunakan instrumen ilmiah yang disebut Probe Atom.

“Sebelumnya para pengekstrak emas telah dapat menemukan emas dalam pirit baik sebagai nanopartikel atau sebagai paduan pirit-emas, tetapi apa yang kami temukan adalah bahwa emas juga dapat disimpan dalam sebuah defect kristal berskala nano, mewakili emas jenis baru ‘tidak terlihat’,” kata ketua tim peneliti Denis Fougerouse dalam sebuah pernyataan media baru-baru ini.

Menurutnya, semakin defect sebuah kristal itu, semakin banyak emas yang terkurung. Ilmuwan menjelaskan bahwa emas disimpan dalam defect skala nano yang disebut dislokasi. Ini seratus ribu lebih kecil dari lebar rambut manusia, dan inilah mengapa emas hanya bisa diamati dengan menggunakan tomografi Probe Atom.

Setelah penemuan itu, tim peneliti kemudian memutuskan untuk mencari metode yang memungkinkan untuk mengekstrak emas menggunakan lebih sedikit energi daripada teknik oksidasi tekanan tradisional pada umumnya.

Pencucian secara selektif, yang melibatkan penggunaan cairan untuk melarutkan emas dari pirit secara selektif, sepertinya merupakan pilihan yang terbaik.

“Tidak hanya dislokasi yang menjebak emas, tetapi juga berperilaku sebagai jalur fluida yang memungkinkan emas untuk ‘tercuci’ tanpa mempengaruhi seluruh pirit,” tambahnya.

 

Penulis: Edo Fernando

Editor: Ocky PR.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar