Detail Berita


Langkah Jadikan Industri Pertambangan Lebih Ramah Lingkungan


"pertambangan batubara"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 05-07-2021

duniatambang.co.id - Tuntutan untuk menjadikan industri pertambangan menjadi lebih ramah lingkungan harus bisa dituntaskan oleh segenap perusahaan tambang. Meskipun telah menggunakan teknologi yang modern dan canggih, pertambangan masih menggunakan banyak sekali sumber daya mulai dari air, tanah, karbon dan energi. Dampaknya masih tetap ada dan tidak terelakkan terhadap lingkungan sekitar.

Dampak yang tidak tertangani dengan baik ini, bisa berlarut sampai beberapa dekade setelah sebuah kegiatan tambang telah berhenti. Oleh karenanya, harus ada langkah-langkah pengendalian yang tepat, untuk bisa menjadikan kegiatan pertambangan yang dilakukan lebih ramah lingkungan.

Menutup Tambang Ilegal

Dalam konteks penegakkan aturan dan undang-undang yang berlaku mengenai perilaku dan kegiatan pertambangan, penutupan aktivitas pertambangan ilegal akan memberikan preseden yang baik terhadap industri tambang secara tidak langsung.

Saat ini di Indonesia sendiri pemerintah dibantu dengan peran serta masyarakat terus aktif dalam memberantas sejumlah tambang ilegal, sehingga diharapkan tercipta industri tambang yang lebih ramah lingkungan.

Daur Ulang Bahan Tambang

Pada skala global, perusahaan pertambangan di seluruh dunia menemukan cara yang efisien untuk memanfaatkan sepenuhnya bahan untuk menyediakan kebutuhan masyarakat dengan menggunakan lebih sedikit kayu, logam, batu, plastik dan bahan lainnya. Dengan mengurangi jumlah penggunaan yang boros, dan mengarahkan produksi ke barang yang tahan lama yang bisa digunakan kembali, diproduksi ulang, atau didaur ulang, industri pertambangan bisa mulai mengurangi dampak yang ditimbulkan.

Perizinan dan Regulasi yang Tepat

Peraturan dan perizinan mengenai pertambangan bisa berbeda di tiap-tiap negara. Contohnya seperti yang dilakukan oleh pemerintah Kanada, yang mampu menghadirkan regulasi serta kontrol yang tepat saat melakukan penutupan tambang tembaga di Pulau Vancouver pada tahun 1995 silam. Sehingga dalam proses penutupan itu mampu melindungi sejumlah sumber daya yang tersisa. Peraturan semacam inilah yang tidak hanya akan melindungi lingkungan dan kesehatan masyarakat, tetapi juga meningkatkan umur industri pertambangan itu sendiri.

Laporan Pengelolaan Limbah Pertambangan

Masalah lainnya yang terus menimbulkan perdebatan adalah soal pelaporan limbah pertambangan yang beracun. Perusahaan pertambangan dinilai masih belum secara akurat melaporkan jumlah limbah yang dibuang. Jadi di atas kertas mungkin perusahaan tambang memiliki catatan yang baik dalam masalah pengelolaan limbah, namun fakta di lapangan terkadang menunjukkan hal yang sebaliknya.

Berinvestasi Pada Teknologi

Industri pertambangan adalah salah satu industri yang selalu membutuhkan penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang tepat untuk bisa memastikan bahwa industri mampu berubah untuk keberlanjutan dan mengubah dunia menjadi tempat yang lebih ramah lingkungan.
Dengan mengalokasikan dana yang dimiliki untuk penelitian dan pengembangan teknologi itu, bisa menjadi salah satu cara untuk memberikan dampak yang positif terhadap lingkungan sebelum dan sesudah proyek pertambangan.

Pelestarian Kembali Lingkungan

Aktivitas yang tampaknya sederhana namun jarang diprioritaskan, melakukan pelestarian kembali lingkungan tambang adalah salah satu faktor kunci untuk tidak hanya mendapatkan kepercayaan masyarakat luas, khususnya mereka yang tinggal di sekitar kawasan pertambangan, tetapi pada akhirnya juga akan melindungi lingkungan terhadap dampak pertambangan.

Solusi sederhana seperti mengisi kembali tanah dan rerumputan asli, membersihkan limbah berlebih dan pembuangan yang tepat, inspeksi lokasi dan penanaman kembali pohon bisa meremajakan perbaikan ekosistem jangka panjang dan mempertahankan lingkungan selama bertahun-tahun setelah tambang tidak lagi bQeroperasi.

 

Penulis: Edo Fernando

Editor: Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !