Detail Berita


Jenis Alat Berat Untuk Tambang Bawah Tanah


"Alat berat pada tambang bawah tanah"
Sumber gambar: shutterstock.com


Tanggal terbit: 01-07-2021

duniatambang.co.id - Banyaknya jenis alat berat sekarang ini  sangat dipengaruhi oleh permintaan pasar yang notabennya adalah mereka yang bergerak dibidang konstruksi, pertambangan, maupun bidang lain yang membutuhkan mesin penggerak untuk memudahkan pekerjaan lapangan berskala besar. Maka dari itu, dalam industri pertambangan, setiap jenis alat berat memiliki fungsinya tersendiri yang antara lain berfungsi sebagai alat gali (excafator), alat pengangkut material, alat pemroses material, maupun alat pemadat tanah.

Alat berat yang dibutuhkan dalam menunjang aktifitas tambang bawah tanah atau tambang tertutup berbeda dengan yang digunakan untuk tambang permukaan atau tambang terbuka. Sebagai contohnya, truk dengan standar untuk tambang terbuka akan sulit digunakan untuk tambang tertutup yang memiliki ruang yang terbatas. Hal ini dikarenakan kondisi tambang yang tertutup mengharuskan penggunaan alat berat dengan mesin khusus, sehingga tetap cukup untuk memuat target material walaupun menghasilkan emisi yang sedikit.

Pada tipe pertambangan tertutup, alat berat digunakan untuk mengeksplorasi hasil galian dan mengembangkan lokasi tambang bawah tanah. Alat berat tersebut digunakan untuk melakukan pemindahan dan penimbunan lapisan penutup, pemuatan material, pemecahan dan pemindahan batuan yang cenderung keras, pemrosesan material, hingga menunjang reklamasi pasca tambang.

Berikut beberapa contoh alat berat yang didesain khusus untuk operasional tambang bawah tanah:

1. Scooptram

Scooptram merupakan alat berat yang digunkaan untuk mengangkut material dan membersihkan landasan tambang bawah tanah. Alat ini juga disebut sebagai underground loader yang didesain khusus agar dapat digunakan secara efektif di lokasi tambang yang sempit. Sama halnya seperti loader untuk open pit mining, scooptram juga memiliki bucket besar yang berada didepan yang digunakan untuk memuat material.

2. Underground Mining Truck

Underground Mining Truck merupakan truk yang didesain khusus untuk tambang bawah tanah, sehingga mampu memuat dan mengangkut batuan atau material hasil dari dalam lokasi tambang menuju permukaan.. Walaupun mekanismen penggunaan tidak jauh berbeda, namun truk jenis ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan truk untuk tambang permukaan. Hal ini memungkinkan mobilitas dalam pengangkutan material pada daerah operasi yang sangat terbatas dapat lebih efektif.

3. Continuous Miner

Continuous Miner merupakan salah satu alat berat yang berfungsi untuk mengikis batuan maupun bahan galian seperti batubara itu sendiri secara terus-menerus. Alat berat jenis ini memiliki drum besi besar yang dilengkapi dengan gigi tungsten carbide yang digunakan pada saat room & pillar operations. Dalam pengoperasiannya, alat ini dapat menambang batubara sebanyak 5 ton batubara per menitnya sehingga sangat efektif.

4. Scaler

Scaler merupakan alat yang berfugsi untuk mengikis material yang berada di atap maupun di dinding tambang yang cenderung sangat keras. Material yang dirontokkan itu merupakan material yang akan lepas, sehingga tidak akan terjatuh secara tiba-tiba saat operasi tambang berlangsung.

5. Shotcreter

Shotcreter merupakan alat berat yang berfungsi untuk melakukan penyemprotan beton pada suatu bidang atau dinding tambang dengan menggunakan alat mekanis untuk mencegah terjadinya longsor atau runtuhnya dinding tambang. Mekanisme alat ini yaitu dengan yaitu dengan menyemprotkan adukan semen yang terdiri dari campuran semen, pasir dan air melalui selang yang dilakukan dengan kecepatan tinggi kesuatu bidang permukaan.

6. Personal Carrier

Personal carrier bukanlah alat berat yang digunakan untuk melakukan kegiatan eksplorasi, namun sebagai transportasi untuk mengangkut para pekerja tambang maupun alat-alat operasional yang dibutuhkan di area tambang.

7. Scissor Lift

Sama halnya seperti personal carrier, scissor lift juga berfungsi dalam menunjang kinerja para pekerja tambang. Alat ini digunakan oleh para pekerja tambang untuk mencapai area tambang yang tinggi, seperti bagian atap. Alat ini tentu saja lebih aman dan lebih efisien jika dibandingkan dengan penggunaan tangga manual.

 

Penulis: Yuniar Novianti

Editor: Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !