Detail Berita


Penuhi Kebutuan Batubara PLN, 48 Pemasok Batubara Siap Jadi Penyokong


"PLTU"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 25-06-2021

duniatambang.co.id - Batubara masih menjadi salah satu sumber daya terbesar untuk Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Perusahaan Listrik Negara (PLN), terutama untuk regional Jawa dan Bali. Hal ini juga dikarenakan batubara lebih mudah didapatkan, serta adanya kebutuhan tenaga listrik yang lebih besar. Penggunaan sumber daya untuk pembangkit listrik ini juga bukan hanya karena sumber daya yang murah, namun juga karena kondisi wilayah dan kebutuhannya.

Sempat mengalami krisis sumber daya batubara untuk PLTU pada awal tahun 2021, PLN mengaku telah melakukan penambahan pasokan dari pemasok  eksisting dan pemasok baru untuk memulihkannya. Upaya ini pun terus dilakukan, hingga pada Jumat (18/06/2021), dilakukan Penandatanganan Komitmen Pemenuhan Pasokan Batubara untuk Ketenagalistrikan Umum yang diadakan di Bali.

Penandatanganan komitmen ini dilakukan oleh 48 mitra pemasok batubara yang ikut didukung oleh Ditjen Minerba Kementerian ESDM. Agung Pribadi selaku Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM, dalam kesempatannya pada Minggu (20/06/2021) di Jakarta mengatakan bahwa adanya kepastian untuk memenuhi sumber daya ini sangat penting dalam menjaga pasokan listrik untuk masyarakat. Agung juga menambahkan bahwa pasokan batubara untuk ketenagalistrikan mengalami sedikit penurunan sejak desember 2020, hal ini dikarenakan adanya kondisi cuaca ekstrem, penurunan produksi tambang, dan kenaikan harga batubara global.

Zulkifli Zaini, Direktur Utama PLN, seperti dilansir oleh web resmi ESDM mengatakan bahwa 48 mitra pemasok batubara tersebut akan memenuhi kebutuhan batubara sesuai kontrak dan sesuai kemampuan hasil tambangnya. Tambahan pasokan batubara yang diperoleh mencapai lebih dari 4,6 juta ton untuk Juli – Desember 2021. Zaini juga berharap bahwa PLN, mitra pemasok batubara, serta Ditjen Minerba dapat terus menjalin sinergitas yang baik demi menjaga keandalan listrik nasional.

 

Penulis: Yuniar Novianti

Editor: Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !