Detail Berita


PT PAM Mineral Siap Melakukan IPO, Sederet Nama Artis Jadi Nama Blok Tambang


"nikel ore"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 23-06-2021

duniatambang.co.id - PT. Pintu Air Mas (PAM) Mineral yang merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan sejak tahun 2008 ini, siap melakukan Initial Public Offering (IPO) atau Penawaran Umum Perdana. Kegiatan ini merupakan penjualan umum pertama saham sebuah perusahaan swasta kepada para investor maupun masyarakat umum. Penawaran umum perdana saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) ini akan dilakukan pada awal Juli mendatang. PT PAM Mineral ini sendiri memiliki dua wilayah operasional, yaitu berada di Desa Lameruru, Kecamatan Langgikima, Kabupaten Konawe Utara dan di Desa Laroenai, Kecamatan Bungku Pesisi, Sulawesi Tengah.

Perusahaan tambang nikel ini siap melepas 2 miliar saham dengan nilai Rp. 20 per saham atau 20,7 persen dari total keseluruhan saham disetor dan ditempatkan perseroan. Berdasarkan prospektus yang diterbitkan PT PAM pada selasa (15/6) menyebutkan bahwa bersamaan dengan penawaran saham tersebut, perseroan juga akan menerbitkan waran seri I sebanyak 2,6 miliar dengan nominal Rp. 20 per saham. Seperti yang tertulis di sahamidx.com, periode pelaksanaan Waran Seri I ini akan berlangsung dari tanggal 10 Januari 2022 hingga tanggal berakhirnya 07 Juli 2023. Masa penawaran awal IPO ini dijadwalkan pada tanggal 16 – 22 Juni 2021 dengan perkiraan tanggal efektif pada 29 Juni 2021. Kemudian perseroan telah menunjuk PT Danatama Makmur Sekuritas sebagai penjamin emisi efek.

Dilansir dari cnbcindonesia.com, rencananya dana yang dihasilkan dari IPO ini, sekitar 30% atau setara dengan Rp. 72 miliar akan digunakan untuk pengembangan usaha, yaitu untuk kegiatan eksplorasi lanjutan seperti pengeboran spasi detail (infill drilling) terkait dengan penambahan cadangan bijih nikel perseroan pada area blok kerja perusahaan.

Dengan total luas lahan sekitar 51 hektar di area pertambangan IUP di Kabupaten Morowali, wilayah kerja ini terdiri dari beberapa blok tambang dengan menggunakan beberapa nama artis tanah air papan atas. Adapun nama publik figur tersebut adalah BCL, Raisa, Kartini, Tiara, dan Syahrini. Adapun rincian area blok kerja tersebut yakni,

1. Blok BCL A memiliki luas area 7.28 Ha,

2. Blok BCL B memiliki luas area 15.88 Ha,

3. Blok RAISA memiliki luas area 8.46 Ha,

4. Blok KARTINI B memiliki luas area 11.68 Ha,

5. Blok TIARA memiliki luas area 3.78 Ha,

6. Blok SYAHRINI memiliki luas area 4 Ha,

Selanjutnya, sekitar 70% dana yang didapatkan akan digunakan oleh entitas anak, yaitu PT Indrabakti Mustika (IBM) untuk program eksplorasi lanjutan pengeboran spasi detail terkait dengan penambahan cadangan bijih nikel IBM pada area blok kerja Kolaka, Cendana, Longori, Silae, Komia, Kuma, dan Kondola yang berada dilokasi IUP di Konawe Utara dengan total luas lahan sekitar 183 Ha. Dana yang nantinya diperoleh dari Waran Seri I akan digunakan untuk modal terkait biaya operasional kerja.

 

Penulis: Yuniar Yovianti

Editor: Ocky PR.

Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !