Detail Berita


Berlian Terbesar Ketiga Dunia Ditemukan di Botswana


"Ilustrasi berlian"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 22-06-2021

duniatambang.co.id - Debswana, perusahaan berlian asal Botswana mengklaim telah menemukan batu berlian dengan kadar 1.098 karat, yang disebut-sebut menjadi ketiga terbesar di dunia sepanjang sejarah.

Perwakilan perusahaan mengatakan bahwa batu yang sangat langka dan luar biasa itu sangat berarti bagi rakyat Botswana, yang dianggap mampu membawa kembali harapan bangsa yang tengah berjuang.

Batu berlian terbesar ketiga dunia yang belum diberi nama itu diketahui memiliki panjang 73 mm, lebar 52 mm dan ketebalan 27 mm. Batu tersebut merupakan batu berlian dengan kualitas permata terbesar yang pernah ditemukan dalam sejarah Debswana, perusahaan patungan antara pemerintah dengan raksasa berlian dunia De Beers.

Diketahui, batu berlian terbesar kedua itu adalah 1,109 karat bernama Lesedi La Rona, yang seukuran bola tenis dan ditemukan di Karowe, sebelah timur laut Botswana di tahun 2015. Sementara yang terbesar adalah 3,106 karat bernama Cullinan yang ditemukan di Afrika Selatan pada tahun 1905. Di benua Afrika, Botswana merupakan negara penghasil berlian terbanyak.

Menteri Mineral Botswana mengatakan bahwa penemuan batu berlian itu momentumnya sangat tepat, di saat pandemi tengah menghantam industri berlian negara itu sejak tahun lalu. Selama ini, pemerintah Botswana mendapatkan sebanyak 80 persen pendapatan dari penjualan yang dilakukan Debswana lewat dividen, royalti dan pajak.

Perusahaan itu pada tahun 2020 mengalami penurunan produksi sampai 29 persen menjadi hanya sebanyak 16,6m karat, dan penjualannya juga mengalami penurunan sebanyak 30 persen menjadi USD2 miliar karena pandemi berdampak baik pada produksi dan permintaan.

Untuk tahun ini, mereka berencana untuk meningkatkan produksi dengan target sebesar 38 persen ke masa sebelum pandemi, karena pasar berlian global juga mulai mengalami perbaikan dengan makin longgarnya pembatasan kunjungan dan menggeliatnya kembali toko-toko berlian.

 

Penulis: Edo Fernando

Editor: Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !