image

"Proses pembakaran di furnace"
Sumber gambar: gettyimages.com

Dunia Tambang / 13 June 2021 / 0 Komentar

Smelter Mineral 

Tahun Ini Akan Ada Empat Smelter Baru Beroperasi

duniatambang.co.id - Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menjelaskan bahwa tahun ini setidaknya harus sudah ada empat smelter atau fasilitas pemurnian yang bisa beroperasi. Empat smelter baru itu yakni tiga smelter nikel dan satu smelter timah. Diketahui sebelumnya sudah ada 19 smelter yang telah beroperasi sejauh ini.

Adapun masing-masing smelter tersebut dimiliki oleh PT Aneka Tambang yang berada di Halmahera Timur, Maluku Utara, yang dilaporkan pembangunannya sudah mencapai 97,7 persen. Sayangnya ada kendala yang menghambat progres pembangunan smelter feronikel itu yakni terkait pasokan listrik. Untuk menyiasatinya, pihak Aneka Tambang telah menggelar lelang, yang diharapkan pada bulan Juli masalah pasokan listrik itu bisa teratasi.

Smelter kedua adalah yang dimiliki oleh PT Smelter Nikel Indonesia yang saat ini telah dilaporkan progres pembangunannya telah selesai, dan mulai memasuki tahap uji coba kegiatan produksi. Dilaporkan kendala yang dihadapi adalah karena masalah keterbatasan dana operasional, dan saat ini pihak perusahaan tengah menunggu datangnya dana tambahan.

Ketiga adalah smelter yang dimiliki oleh PT Cahaya Modern Metal Industri. Smelter tersebut lokasinya diketahui berada di Banten, yang juga sudah selesai tahap pembangunannya dan mulai kegiatan produksi.

Smelter keempat adalah smelter timah milik PT Kapuas Prima Citra yang lokasinya berada di Kalimantan Tengah. Progress saat ini telah mencapai angka 99,87 persen dan tengah menunggu kedatangan tenaga ahli asal Cina untuk kemudian bisa mulai melaksanakan proses smelter. Lebih lanjut, kedatangan para tenaga ahli asal negeri Tirai Bambu itu dilaporkan pada bulan ini.

Dengan demikian untuk tahun ini diharapkan Indonesia sudah memiliki total smelter sebanyak 23 unit yang tersebar di sejumlah daerah di Tanah Air. Sejauh ini progres yang berjalan cukup menggembirakan, meski dalam kondisi yang kurang mendukung akibat adanya wabah pandemi Covid-19.

 

Penulis: Edo Fernando

Editor: Ocky PR.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar