Detail Berita


Tren Positif Harga Batubara, Ini Rekomendasi Saham


"Ilustrasi pergerakan harga saham"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 10-06-2021

duniatambang.co.id - Salah satu komoditas tambang yang mengalami kenaikan harga cukup signifikan adalah batubara. Diberitakan sebelumnya, harga batu bara Newcastle pada kontrak bulan Oktober 2021 mendatang dipatok sebesar USD102,70 per ton. Dengan demikian, potensi meningkatnya kinerja perusahaan batu bara juga diyakini akan mengalami tren positif.

Stefanus Darmagiri, seorang analis dari BRI Danareksa Sekuritas mengatakan bahwa menguatnya harga batu bara ini diketahui telah terjadi sejak kuartal keempat tahun 2020 lalu sehingga berdampak pada peningkatan profitabilitas sejumlah emiten batu bara yang berada di bawah cakupannya. Beberapa di antaranya bahkan mengaku telah mengalami pemulihan laba.

Berdasarkan analisanya, Stefanus mengatakan bahwa saham yang dimiliki oleh PT Adaro Energy Tbk (ADRO), PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) dan PT United Tractors Tbk (UNTR) menjadi yang paling direkomendasikan untuk sektor tambang batubara.

Eksposur akan harga batu bara yang menguat, penjualan alat berat dan juga emas, menjadikan saham UNTR begitu atraktif. Dirinya merekomendasikan untuk melakukan buy di target level Rp30.000. Sementara itu untuk ADRO bisa dipasang target buy di angka Rp1.600 dan ITMG di level Rp16.500.

Moncernya harga batubara di pasaran global diyakini akan berdampak positif pada meningkatnya kinerja UNTR pada tahun ini. Hal ini juga dikarenakan target penjualan alat berat yang dibidik perusahaan, juga naik menjadi 60 persen secara yoy di sebanyak 2.500 unit.

Meski demikian Stefanus juga menekankan mengenai adanya potensi pembalikan harga batu bara global, yang diprediksi akan terjadi di kuartal ketiga tahun 2021 dari level puncaknya. Ini terkait rencana pemerintah Tiongkok yang berupaya untuk mencoba menstabilkan harga batu bara dengan meningkatkan jumlah pasokan dari negara-negara produsen.

Di lain pihak, Meilki Darmawan selaku analis dari Henan Putihrai Sekuritas merekomendasikan saham PTBA. Pilihan tersebut diambil karena mempertimbangkan stabilnya penjualan batu bara perusahaan ke pasar domestik dibandingkan dengan peers-nya yakni ITMG dan juga ADRO. Di mana kedua perusahaan itu lebih mengandalkan pada ekspor.

 

Penulis: Edo Fernando

Editor: Umar RP.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !