image

"Ilustrasi baterai listrik abstrak elektrik"
Sumber gambar: shutterstock.com

Dunia Tambang / 8 June 2021 / 0 Komentar

PT Silo Baterai 

PT SILO Gandeng PLN dan Pemda Wujudkan Industri Baterai Sebuku

duniatambang.co.id - PT Sebuku Iron Lateritic Ores (SILO) dikabarkan membangun pabrik baja dan baterai di Pulau Sebuku, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan dalam waktu dekat. Pemerintah Daerah setempat akan menjadikan Pulau Sebuku sebagai kawasan industri.

Sekda Kotabaru, H Akhmad Said mengatakan bahwa saat ini material dan juga bahan baku yang nantinya dibutuhkan oleh industri baterai yang dioperasionalkan oleh SILO, telah tersedia dan siap untuk digunakan.

Pihaknya juga menjelaskan bahwa sebenarnya sudah lama PT SILO hendak melakukan usaha pertambangan di wilayah tersebut. Saat itu, PT SILO memiliki rencana untuk membangun pabrik pemurnian bijih besi dengan memanfaatkan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel.

Sayangnya proyek tersebut mengalami kendala, karena mahalnya biaya operasional yang dibutuhkan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut PT SILO akhirnya menggandeng PT PLN, yang memiliki tugas memasok kebutuhan listrik industri baja dan baterai yang akan dibangun nantinya.

Sebagai tindak lanjut dari kerja sama itu, PT PLN pun kini mulai membangun Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) di wilayah itu, sebagai sarana pendukung industri Sebuku. Sementara pihak Pemerintah Daerah nantinya diminta untuk bisa menyediakan tenaga kerja lokal, agar bisa kecipratan berkah dari adanya proyek kawasan industri baterai itu.

Pemda Kotabaru kembali menghidupkan Balai Latihan Kerja (BLK) sebagai tempat mempersiapkan warga setempat untuk bisa terampil dan profesional yang kemudian terserap sebagai tenaga kerja di sana.

Pemda Kotabaru pun berharap agar pihak-pihak terkait bisa memberikan komitmennya untuk mendukung terwujudnya kawasan industri Sebuku, dengan cara mempermudah proses perizinan masuknya para investor di wilayahnya. Dalam hal ini, pihaknya berharap masalah-masalah pungli atau pungutan lainnya terhadap calon investor bisa dihindari.

Dalam kesempatan berbeda, pihak PT SILO mengungkapkan bahwa tahap awal yang dilakukan perusahaan adalah dengan memproduksi bahan baku baterai. Pihaknya menargetkan rencana produksi bahan baku itu bisa terwujud dalam waktu dua sampai tiga tahun mendatang.

 

Penulis: Edo Fernando

Editor: Faris Primayudha

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar