Detail Berita


Terus Cetak Rekor, Harga Batu Bara Tertinggi Satu Dekade Terakhir


"Batubara"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 02-06-2021

duniatambang.co.id - Harga batubara kian hari semakin mencetak rekor. Harga batubara pada perdagangan akhir pekan lalu bahkan sampai menembus catatan paling tinggi sejak 10 tahun terakhir. Harga batubara termal ICE Newcastle untuk kontrak berjangka ditutup di angka USD118,9 per ton. Jumlah ini naik 3,48 persen dibandingkan dengan perdagangan sebelumnya. Padahal, di pekan sebelumnya harganya sudah mengalami kenaikan sampai 10,19 persen.

Tak hanya menjadi yang tertinggi sejak satu dekade terakhir, penguatan tersebut juga terjadi selama 5 minggu berturut-turut yang totalnya mencapai 39 persen. Jumlah ini masih bisa melesat naik, meski di India sedang terjadi lonjakan kasus Covid-19 yang cukup parah. Selama ini, India menjadi salah satu pasar terbesar batubara.

Sementara itu, di Cina juga sedang mengalami kekhawatiran akibat musim hujan dengan risiko banjir di sejumlah area pertambangan, yang membuat pasokan batu bara mengalami gangguan.

Penguatan harga tidak hanya dialami oleh batu bara termal saja, melainkan batu bara metalurgi juga ikut-ikutan alami kenaikan harga.  Harga impor untuk batubara kokas Cina sampai menyentuh rekor premium di atas USD140 per ton, lebih tinggi dari harga Australia bulan ini. Hal ini diketahui disebabkan oleh adanya kebijakan pemerintah Cina yang melarang masuknya pasokan batu bara dari Australia.

Namun sejauh ini, kendala akan pasokan batu bara dari Australia itu sepertinya akan mulai surut dan bisa segera diatasi. Sebab, kebijakan pelarangan tersebut justru memicu strategi pemeliharaan tambang yang pada akhirnya mampu membuat pasokan tetap terjaga. Selama ini, produsen baja di Cina cukup dibuat sibuk atas adanya larangan tersebut, yang mulai berlaku mulai bulan Oktober tahun lalu.

 

Penulis: Edo Fernando

Editor: Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !