Detail Berita


Musim Hujan di China Membawa Berkah Harga Batubara Tembus USD 112/Ton


"Stockpile Batubara"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 27-05-2021

duniatambang.co.id – Harga batubara menunjukkan tren positif tahun ini, setelah tahun lalu banting harga. Harga batubara termal ICE New Castle pada Rabu (26/05/2021) berada pada level USD 112,25/ton.

Harga batubara termal sepanjang tahun 2021 (year to date/ytd) naik 37%. Namun jika dibandingkan dengan harga satu tahun lalu harga batubara telah naik 100%.

Harga batubara yang melonjak tajam ini disokong oleh banyaknya permintaan batubara dari China. Jelang musim penghujan, risiko makin tipisnya pasokan batubara di China semakin besar.

Kebijakan relaksasi impor meningkatkan permintaan impor batubara sehingga turut menggerek naiknya harga batubara.

Curah hujan di China semakin deras. Sebagian China selatan dan timur kemungkinan akan mengalami banjir yang serius.

Badan Keamanan Tambang China mengeluarkan tindakan pencegahan banjir dengan memberikan peringatan bahwa akan adanya topan.

Cuaca badai di China bisa menyebabkan pemadaman listrik di tambang batubara yang mengakibatkan kecelakaan dalam beberapa tahun terakhir.

Kondisi ini membuat produksi batubara di China semakin terganggu. Hal ini membuat batubara tergerek naik sehingga dari negara lain dapat meningkatkan ekspor ke China.

Harga batubara yang menunjukkan tren positif ini turur menggerek harga saham emiten batubara. Selasa 4 hari perdagangan secara beruntun mencapai rekor tertinggi sepanjang 2021.

Peningkatan harga batubara ini meningkatkan prospek pertumbuhan ekonomi di Asia naik. Berdasarkan laporan terbaru Asian Development Bank (ADB) memperkirakan pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia akan mencapai 7,3% tahun ini.

 

Penulis: Mayang Sari

Editor: Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !