Detail Berita


PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) Jalin Kerja sama Pemurnian Nikel


"iilustrasi pembakaran di furnace"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 11-05-2021

duniatambang.co.id – PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) menandatangani Perjanjian Pendahuluan atau Heads of Agreement (HoA) Pengembangan Bisnis Pemurnian Nikel bersama Alchemsit Metal Industry Pte. Ltd. Dan PT Gunbuster Nickel Industry pada 6 Mei 2021.

Kesepakatan ini merupakan bentuk dari implementasi hilirisasi bahan galian yang saat ini sedang digalakkan oleh pemerintah. Melalui kesepakatan ini pula Antam menambah ekosistem bisnis pemurnian nikel baru di Konawe Utara dan Morowali Utara.

Mengutip dari newssetup.kontan.co.id, CEO MIND ID Orias Petrus Moedak menjelaskan, Antam memiliki pengalaman dalam mengelola mineral nikel dari hulu hingga ke hilir. Kesepakatan ini sangat mendukung pengembangan hilirisasi nikel di Indonesia. Mitra yang saat ini bekerja sama dalam perjanjian ini memiliki teknologi pemrosesan dan pemurnian nikel yang canggih.

Dalam perjanjian ini, para pihak kan berperan sesuai tugas dan posisi masing-masing dalam kepemilikan saham baik di bisnis hulu hingga bisnis hilir. Antam akan berperan pada bisnis hulu untuk melakukan proses penambangan.

Selanjutnya, hasil produksi nikel akan dijual ke smelter berdasarkan harga patokan mineral. Setelah pabrik smelter beroperasi secara komersial, Antam akan memiliki saham pada proyek smelter tersebut.

Kerja sama pengembangan bisnis pemurnian nikel ini didukung oleh pemerintah. Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mendukung upaya peningkatan nilai tambag komoditas nikel ini. Menurut Bahlil, hilirisasi menjadi aspek penting untuk mendatangkan investasi ke Indonesia.

 

Penulis: Mayang Sari

Editor: Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !