image

"Ilustrasi emas batangan"
Sumber gambar: gettyimages.com

Dunia Tambang / 10 May 2021 / 0 Komentar

Emas Antm 

Jelang Lebaran, Harga Emas Melonjak Sepekan Ini

duniatambang.co.id – Harga emas yang diproduksi oleh PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) naik dalam sepekan ini. Kenaikan emas Antam ini turut dipengaruhi oleh kenaikan emas dunia.

Harga emas Antam pada Sabtu (08/05/2021) naik Rp 3.000 menjadi Rp 937.000/gram. Menjelang Hari Idul Fitri 2021, harga emas terus melonjak.

Harga emas Antam pada Jumat (07/05/2021) pekan lalu Rp 922.000/gram. Berdasarkan harga 1 gram Butik Emas LM tersebut naik 1,3% menjadi Rp 934.000. Pada saat yang bersamaan, harga emas dunia juga sedang naik 3,5% menjadi USD 1.830,47/troy ons.

Harga emas Antam yan melonjak ini dipengaruhi oleh beberapa katalis positif. Yang pertama dipengaruhi oleh faktor teknikal. Harga emas beberapa bulan tertekan pada harga USD 1800/troy ons. Akhirnya pada pekan lalu harga emas tembus ke level USD 1800 yang merupakan harga resisten emas.

Saat ini harga emas dunia pun mulai naik pesat berada di level MA50 dan MA100. Harga emas yang naik ini membuat investor kembali mengutamakan emas untuk menjadi barang investasi.

Faktor berikutnya adalah vaksinasi. Pemerintah saat ini tengah menggaungkan program vaksinasi yang akan membuka peluang pulihnya perekonomian. Mobilitias publik yang berangsur membaik membuat banyak pihak mulai berpikir inflasi akan datang kembali.

Faktor selanjutnya adalah pasokan yang stabil. Emas dinilai sebagai aset yang aman membuat investor berbondong-bondong melirik emas.

Faktor-faktor tersebut membuat harga emas naik dalam sepekan ini. Lalu bagaimana perkiraan harga emas pada pekan mendatang?

 

Penulis: Mayang Sari

Editor: Ocky PR.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar