Detail Berita


Harga Emas Antam Turun saat Emas Dunia Lagi Naik


"Emas produksi PT Aneka Tambang Tbk"
Sumber gambar: shutterstock.com


Tanggal terbit: 27-04-2021

duniatambang.co.id – Harga emas sangat fluktuatif setiap harinya. Pada perdagangan Selasa (27/04/2021), harga emas batangan yang diproduksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) Tbk turun. Padahal, harga emas dunia sedang mengalami peningkatan pada awal pekan kemarin.

Harga emas dunia menjadi salah satu acuan naik-turunnya harga emas Antam. Di samping itu, ada faktor lain yang membuat harga emas Antam tidak seirama dengan harga emas dunia.

Mengutip dari situs resmi PT Aneka Tambang Tbk, logammulia.com, harga emas 1 gram turun 0,32% menjadi Rp927.000/batang. Sementara untuk satuan 100 gram turun 0,34% menjadi 87.212.000/batang.

Jika melihat harga emas dunia pada perdagangan kemarin (26/04/2021) menguat 0,17% ke angka USD 1.780,18/troy ons. Hal ini disebabkan oleh indeks dollar Amerika Serikat (AS) yang terus merosot membuat emas mampu menguat.

Indeks dolar AS melemah dalam 3 pekan beruntun dengan persentase 2,33%%. Merosotnya indeks dolar AS ini membuat harga rupiah menguat 0,28% ke Rp 14.480/USD kemarin.

Nilai tukar rupiah yang menguat ini membuat harga emas ikut tergerek di dalam negeri. Emas dunia mengacu pada dolar AS, ketika nilai tukar rupiah menguat maka harga emas dalam negeri akan ikut menguat.

Perbedaan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS inilah yang membuat harga emas dunia dan emas Antam kadang tidak selaras. Selain itu, ada faktor supply-demand yang turut mempengaruhi pergerakan harga emas Antam di dalam negeri.

 

Penulis: Mayang Sari

Editor: Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !