Detail Berita


Harga Batubara Sepekan Tertekan, Ada Sinyal Bangkit?


"Stockpile Batubara"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 23-04-2021

duniatambang.co.id – Harga batubara sepekan ini mengalami pelemahan selama 4 hari berturut-turut. Harga batubara secara week to date (wtd) sudah hamper 4%.

Harga batubara termal berjangka ICE Newcastle di awal pekan ini masih di atas USD 90/ton. Namun, selama 4 hari beruntun terjun bebas. Penurunannya masih relative kecil.

Namun, batubara masih memiliki peluang untuk terjadi peningkatan. Ekonomi China sudah mulai aktif yang membuat kebutuhan listrik akan meningkat. Berdasarkan data dari State Grid Corporation of China (SGCC), konsumsi listrik China pada kuartal II akan memiliki potensi naik 9% year on year (yoy).

Pemenuhan kebutuhan pasokan batubara di China ini dipengaruhi oleh stok di China yang terbatas. Stok di pelabuhan Qinhuangdao China berada di bawah target pemerintah. Saat ini jumlah stok di pelabuhan tersebut 4,21 juta ton.

Stok yang berkurang tersebut akibat adanya kecelakaan yang terjadi di  Provinsi Gansu China barat laut pada 19 April lalu.

Selama Januari-Maret 2021, telah terjadi 3 kecelakaan tambang batubara di Provinsi Shanxi yang merupakan penghasil batubara terbesar di China. Hal ini menyebabkan banyak importir batubara di China aktif melakukan impor dair negara luar.

Dengan banyaknya kebutuhan batubara di China ini membuat desakan impor batubara ke China. Katalis positif harga batubara di China ini membuat harga batubara lokal di China meningkat. Harga batubara termal Qinhuangdo berada di atas RMB 762/ton.

 

Penulis: Mayang Sari

Editor: Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !