Detail Berita


Harga Batubara Sepekan Terakhir Anjlok, Ada Kabar Baik Pekan Ini


"Stockpile Batubara"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 13-04-2021

duniatambang.co.id – Harga batubara sepekan terakhir mengalami nasib sial. Batubara ambruk 7% dalam sepekan. Harga batubara berjangka ICE Newcastle berada pada USD 90/ton jatuh ke USD 85/ton di akhir pekan lalu.

Harga batubara termal aktif pada Senin (12/04/2021) di bursa berjangka naik 0,82% ke USD 86,2/ton.

Pelabuhan ekspor Australia mulai beroperasi kembali setelah terkendala masalah teknis dan cuaca membuat harga batubara tertekan.

Pelabuhan ekspor Newcastle tak memuat batubara karena dua pemuat kapal rusak pada bulan Maret. Ekspor kembali pulih ke level 200 ribu ton per hari pada enam pertama bulan April setelah sebelumnya turun di harga 150 ribu per ton perhari di Maret.

Tren arus perdagangan batubara dunia mengalami perbaikan. Hal ini terlihat dari perdagangan batubara yang mulai meningkat di bulan November dan Desember pada 2020 lalu di kisaran harga 800 juta ton hingga 100 juta ton.

Mulai Januari 2021 volume perdagangan batubara mulai turun lagi. Di bulan Februari impor batubara dari China dan India pun melambat. Hal ini pun berpengaruh terhadap koreksi harga di bulan pertama tahun ini.

Di dalam negeri, harga batubara mulai berada di jalur hijau. Harga batubara acuan (HBA) periode April 2021 naik 2,6% menjadi USD 86,68 per ton yang dapat membawa dampak positif ke emiten batubara.

 

Penulis: Mayang Sari

Editor: Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !