Detail Berita


Ini Penyebab Sejumlah Produk Tambang Melonjak


"iron ore"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 07-04-2021

duniatambang.co.id – Komoditas pertambangan mengalami peningkatan harga dan melanjutkan tren positif.  Hal itu juga disampaikan oleh Kementerian Perdagagan (Kemendag) bahwa hingga akhir Maret 2021.

Melansir dari kompas.com, Direktur Jenderal Perdangan Luar Negeri Kemendag Didi Sumedi mengatakan, permintaan pasar dunia mulai berada di jalur pemulihan. Hal tersebut membuat harga komoditas tergerek naik.

Kemendag juga melakukan penyesuaian Harga Patokan Ekspor (HPE) untuk produk pertambangan yang dikenakan Bea Keluar (BK) untuk periode April 2021 yang diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 12 Tahun 2021.

Beberapa konsentrat yang mengalami kenaikan adalah tembaga, besi, besi laterit, dan mangan. Konsentrat tembaga mengalami kenaikan sebesar 5,06 persen menjadi 3.253,14 dollar AS per WE, kemudian konsentrat besi menanjak drastis sebesar 5,48 persen menjadi 152,12 dollar AS per WE. Hampir sama dengan konsentrat besi, konsentrat besi laterit naik 5,48 dollar AS menjadi 77,73 dollar AS per WE, konsentrat mangan naik 2,58 persen menjadi 213,63 dollar AS per WE.

Selain komoditas di atas, komoditas yang mengalami kenaikan juga adalah seng, konsentrat pasir besi, konsentrat ilmenite, konsentrat.

Sementara itu, komoditas yang mengalami penurunan adalah  konsentrat timbal turun 12,12 persen atau rata-rata 827,49 dollar AS per WE.

Sebelumnya, Kementerian Energi Sumber Daya Mineral mengeluarkan peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 11 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 07 Tahun 207 tentang Tata Cara Penetapan Harga Patokan Penjualan Mineral Logam.

Dalam peraturan tersebut, pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP) operasi produksi mineral logam, batubara, dan IUPK (Izin Usaha Pertambangan Khusus) Operasi Produksi mineral logam, dan IUPK wajib berpedoman pada HPM logam atau HPB.

HPM logam ditetapkan dengan mempertimbangkan mekanisme pasar dan/atau sesuai dengan harga yang berlaku umum di pasar internasional.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor  : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !