Detail Berita


Urgensi Pembuatan RKAB untuk Masuk Bursa Saham Berdasarkan Regulasi



Tanggal terbit: 09-07-2019

duniatambang.co.id – RKAB atau Rencana Kerja dan Anggaran Biaya Tahunan merupakan suatu dokumen yang diperlukan untuk divestasi saham dan sebagai salah satu syarat untuk melakukan ekspor suatu komoditi. Urgensi RKAB sebagai salah satu dokumen pelengkap diatur dalam  Permen ESDM No.25 Tahun 2018 tentang Pengusahaan Mineral dan Batubara.

Pasal 27 ayat 2 menyatakan bahwa dalam rencana kegiatan eksplorasi perlu disusun suatu RKAB tahunan sesuai perundang-undangan. Kegiatan eksplorasi merupakan hal yang perlu dilakukan sebagai rangka dalam suatu aktivitas penambangan. Kegiatan eksplorasi dilakukan untuk menentukan cadangan dan sumberdaya suatu aktivitas penambangan.

Pasal 30 ayat 5 menyatakan bahwa dalam RKAB dinyatakan sebagai salah satu syarat untuk melakukan rencana pembelian barang modal, peralatan, bahan baku, dan bahan pendukung lainnya bagi pemegang IUP. Rencana pembelian ini digunakan untuk pengadaan alat pengolahan dan/atau pemurnian logam hasil produksi.

Pasal 53 ayat 1 menyatakan untuk melakukan penjualan ke luar negeri perlu didasarkan pada pertimbangan yang telah disebutkan dalam persetujuan RKAB Tahunan tahun berjalan. Selain RKAB, dalam pasal ini ditegaskan estimasi cadangan bahan baku apakah dapat memenuhi kebutuhan fasilitas pemurnian dan juga kapasitas input fasilitas Pemurnian.

Permen ESDM No.25 Tahun 2018 tentang Pengusahaan Mineral dan Batubara merupakan instrumen hukum yang digunakan untuk mengatur pengusahaan suatu usaha mineral dan batubara. RKAB merupakan dokumen yang saling bersangkut paut terhadap aktivitas eksplorasi dan devitasi saham. Maka dari itu, pembuatan RKAB oleh pemilik IUP sangat krusial untuk dilakukan.

(FPL)

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !