Detail Berita


Ini Dia Produk Tambang yang Bisa Dukung Mobil Listrik


"Mobil Listrik"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 24-03-2021

duniatambang.co.id – Nikel menjadi salah satu komoditas andalan Indonesia.  Nikel bisa dijadikan sebagai bahan baku pembuatan baterai lithium untuk kendaraan listrik. Selain nikel, ada beberapa komoditas mineral lain yang bisa mendukung perkembangan mobil listrik.

Deputi Investasi dan Pertambangan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Septian Hario Seto mengatakan, selain nikel, komoditas lain yang berperan untuk mendukung mobil listrik adalah tembaga.

Menurut Septian, harga tembaga akan mengikuti harga nikel karena permintaannya yang akan semakin meningkat. Kebutuhan tembaga untuk mobil listrik bisa mencapai empat sampai lima kali lipat dibandaingkan dengan mobil biasa.

“Kalau mobil biasa 20 ton (tembaga) setiap satu mobilnya, sementara untuk mobil listrik itu bisa sampai 80 hingga 100 ton.”, kata Septian.

Selain untuk keperluan mobil listrik, tembaga dibutuhkan untuk komponen stasiun pengisian daya (charging station) yang membutuhkan kabel dan lainnya. Permintaan tembaga ini akan meningkat cukup signifikan.

Selain nikel dan tembaga, komoditas lain yang ikut bersinar karena mobil listrik adalah bauksit. Bauksit akan dimanfaatkan untuk campuran pembuatan kerangka mobil listrik.

Bauksit akan diproses menjadi aluminium untuk membuat kerangka mobil listrik. Kekuatan bauksit tidak kalah dengan kekuatan mineral lainnya.

Indonesia memiliki potensi besar untuk pengembangan mobil listrik. Indonesia mempunyai cadangan yang besar di tiga komoditas mineral mineral unggulan tersebut. Menurut Septian, dengan melakukan eksplorasi lebih lanjut akan memperkuat posisi cadangan tiga komoditas unggulan tersebut.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor : Faris Primayudha

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !