Detail Berita


Mendekati Target 35.000 MW, PLTU Jawa 7 Segera Beroperasi



Tanggal terbit: 08-07-2019

duniatambang.co.id - Terminal batubara Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Jawa 7 diresmikan pada Jumat (5/7/19). PLTU Jawa 7 ini akan beroperasi memasok listrik di daerah Jawa dan Bali. Kapasitas daya yang akan dihasilkan mencapai 2 x 1.000 MW. PLTU Jawa 7 berlokasi di Desa Terate, Kecamatan Kramatwatu, Serang, Banten.

Baca juga: PLTU Indramayu Memasok Litrik Pelabuhan Patimban

Dermaga batubara tersebut akan menampung dan menyalurkan batubara sebanyak 7 juta ton per tahun. Terminal batubara ini menjadi awal dari beroperasinya PLTU Jawa 7 yang rencananya akan mulai beroperasi pada  Oktober 2019 untuk unit 1 berkapasitas 1.000 MW dan April 2020 untuk unit 2 berkapasitas 1.000 MW.

PLTU Jawa 7 merupakan langkah pemerintah untuk mewujudkan target pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan 35.000 MW. PLTU Jawa 7 ini menggunakan keknologi boiler Ultra Super Critical (USC). Kelebihan dari tenknologi USC ini dapat meningkatkan efisiensi pembangkit 15% lebih tinggi dibandingkan non USC. Dengan demikian, dapat menurunkan biaya bahan bakar per kWh. PLTU menjadi PLTU pertama yang menggunakan teknologi USC.

Baca juga: Mengintip Sisi Dibalik Film Dokumentasi “Sexy Killers”

Selain itu, PLTU Jawa 7 juga menggunakan teknologi Sea Water Fuel Gas Desulfurization (SWFGD). Dengan Menggunakan teknologi ini, PLTU Jawa 7 menjadi sangat ramah lingkungan. Penyaluran batubara dari tongkang sepanjang 4 kilometer menggunakan coal handling plant sehingga semua batubara dapat terangkut dengan efektif.

 

(MS)

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !