Detail Berita


UNESCO Resmi Tetapkan Tambang Ombilin Sawahlunto Sebagai Situs Warisan Budaya Dunia



Tanggal terbit: 08-07-2019

duniatambang.co.id – Bersaing dengan 27 nominasi situs warisan dunia dari berbagai negara, Sawahlunto resmi masuk daftar Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO. Sawahlunto sebagai Situs Warisan Dunia ditetapkan pada Pertemuan Komite Warisan Dunia Sesi Ke-43, Sabtu (6/7/2019), di Kota Baku, Azerbaijan.

Baca juga: Bangga! Tambang Ombilin Sawahlunto Masuk Nominasi Warisan Budaya Dunia UNESCO

Pertambangan batubara era kolonial Belanda, Tambang Ombilin Sawahlunto membuat kebanggaan bagi masyarakat Indonesia. Pengusulan warisan budaya ke Pusat Warisan Dunia UNESCO merupakan bentuk dari diplomasi budaya Indonesia yang sudah dipersiapkan sejak tahun 2016.

Tambang Ombilin adalah salah satu tambang batubara tertua di kawasan Asia Tenggara. Keunikan tambang Ombilin menunjukkan adanya pertukaran informasi dan kearifan teknologi lokal dengan teknologi Eropa di masa akhir abad ke-19 sampai masa awal abad ke-20.

Perkembangan arsitektur dan teknologi, perencanaan kota, tipe bangunan, karya arsitektur, dan kombinasi teknologi semakin menambah keunikan Tambang Ombilin. Ditetapkannya tambang Ombilin Sawahlunto  menjadi situs warisan dunia merupakan hasil kerja keras seluruh pihak, terutama pemerintah daerah Sumatera Barat.

Dengan menjadi salah satu situs warisan dunia, Kota Sawahlunto akan memberikan dampak positif bagi masyarakat daerah setempat. Kota Sawahlunto akan menjadi destinasi menarik yang dicari oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Selanjutnya pelestarian situs warisan dunia Kota Sawahlunto menjadi kewajiban dari seluruh pihak untuk menjaga dan melestarikannya agar tetap eksis di mata dunia.

Selain tambang Ombilin Sawahlunto, Indonesia sudah memiliki empat warisan dunia kategori budaya, yaitu Candi Borobudur (1991), Candi Prambanan (1991), Situs Sangiran (1996), dan sistem Subak di Bali (2012).

 

(MS)

Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !