Detail Berita


Holding Baterai Listrik Segera Terbentuk, Namanya PT Industri Baterai Indonesia


"Catu daya terhubung ke kendaraan listrik untuk mengisi daya baterai"
Sumber gambar: shutterstock.com


Tanggal terbit: 09-03-2021

duniatambang.co.id – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tengah mempersiapkan pembentukan konsorsium  industri baterai listrik yang terintegrasi dari hulu hingga hilir.

Holding perusahaan baterai tersebut terdiri dari MIND ID, PT Aneka Tambang Tbk (Antam), Pertamina (Persero), dan PT PLN (Persero). Gabungan perusahaan tersebut akan diberi nama PT Industri Baterai Indonesia (IBI).

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga dalam konferensi virtual menyampaikan, holding industri baterai diperkirakan akan terbentuk sebulan atau dua bulan lagi.

Menurut Arya pembentukan holding baterai sangat penting dan sebagai tindak lanjut pengembangan industri baterai dengan CATL dari China, dan LG CHEM dari Korea Selatan.

Melalui perusahaan holding baterai ini, baterai listrik yang dapat diproduksi yaitu dengan total daya 195 GW dengan konsumsi nikel 150.000 ton nikel per tahun.

Arya menambahkan dengan adanya industri baterai listrik ini dapat mendukung industri otomotif global dan membuka prospek Indonesia sebagai salah satu negara produsen terbesar di dunia.

Tidak hanya pembangunan pabrik baterai baru, pemerintah juga merencanakan pembangunan pabrik daur ulangnya.

Hal tersebut disampaikan oleh Deputi Investasi dan Pertambangan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Septian Hario Seto. Hario mengatakan, Indonesia akan mendaur ulang baterai dan sampah nikel lainnya.

Pentingnya daur ulang ini adalah jika cadangan sudah habis, maka bisa didaur ulang. Menurut Hario, persentase baterai yang bisa didaur ulang menurutnya sangat baik yakni mencapai 99%.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor  : Ocky PR

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !