Loading...
image

"Ilustrasi mobil listrik melintasi banjir"
Sumber gambar: otomotif.kompas.com

Dunia Tambang / 26 February 2021 / 0 Komentar

Mobil Listrik 

Amankah Mobil Listrik Melintasi Banjir?

duniatambang.co.id – Akhir-akhir ini hujan deras mengguyur Jabodetabek  hingga menyebabkan banjir di beberapa lokasi. Pemilik kendaraan patut berhati-hati melintasi jalan.

Genangan air berisiko memberikan masalah kinerja kendaraan yang melintasi jalan. Tidak sedikit mobil-mobil yang terjebak di jalan akibat banjir Lalu bagaimana nasib mobil listrik ketika banjir?

Mengenai kemampuan mobil listrik dalam menghadapi banjir, Product Expert PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Bonar Pakpahan menjelaskan jika air banjir tidak melampaui tinggi mobil listrik masih aman untuk melintas. Ia mengatakan baterai mobil listrik telah dirancang untuk tahan terhadap benturan hingga tahan terhadap kontaminasi air agar aman jika harus melintasi banjir.

“Baterai mobil listrik telah melalui serangkaian pengujian cukup ketat, termasuk uji kebocoran, dan benturan. Produsen mobil listrik termasuk Hyundai sudah merancang kompartemen baterai maupun baterai itu sendiri sedemikian rupa hingga tahan bocor”, Ungkap Bonar.

Bonar menambahkan jika dibandingkan dengan mobil konvensional (internal combustion engine) yang sangat rentan rusak jika air intake kemasukan air. Menurut Bonar mobil listrik cenderung lebih aman dibandingkan dengan mobil konvensional ketika melintasi banjir.

Bonar mewanti sebaiknya pengendara menghindari banjir jika genangan air sudah melewati roda. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari masalah masalah pada mesin mobil.

Salah satu mobil listrik yaitu Hyundai ioniq menggunakan motor listrik sinkron bermagnet permanen dengan efisiensi tinggi sebesar 100 kW (136PS) yang disuplai oleh baterai lithium ion 38,3 kWh.

Uria Simanjuntak, Head of Public Relations PT Hyundai Motos Indonesia menjelaskan bahwa mobil listrik Hyundai yang terletak di bawah jok sudah melalui serangkaian uji coba. Sumber tenaga yang mereka gunakan telah memenuhi Ingress Protection (IP69K), tahan debu dan air pada tekanan tertentu.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor  : Ocky PR.

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar