Loading...
image

"Nikel ore"
Sumber gambar: vale.com

Dunia Tambang / 19 February 2021 / 1 Komentar

Vale Saham 

Wujudkan Strategi Pengurangan Emisi Karbon, Vale Akuisisi Boston Metal

duniatambang.co.id - Vale SA, perusahaan tambang asal Brasil dikabarkan telah melakukan pembelian saham minoritas milik Boston Elektrometalurgis Company atau Boston Metal. Diketahui, jumlah nilai transaksi pembelian tersebut mencapai angka USD6 juta. Adapun proses akuisisi itu bertujuan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dengan memanfaatkan teknologi baru.

Boston Metal sendiri merupakan sebuah perusahaan yang didirikan oleh para profesor di Universitas Teknologi Massachusetts sejak tahun 2012 yang lalu. Perusahaan itu dikabarkan telah mengembangkan sebuah teknologi baru dengan memanfaatkan metode yang dinamai Elektrolisis Oksida Cair.

Metode tersebut mampu mengubah bijih besi menjadi produk baja tanpa harus menghasilkan emisi karbon dioksida. Elektrolisis Oksida Cair atau Molten Oxide Electrolysis (MOE) disebut-sebut bisa memproduksi baja tanpa adanya karbon, tanpa emisi dan tanpa metode blast furnace dan hanya oksigen saja.

Akuisisi Boston Metal itu sejalan dengan strategi utama yang hendak dijalankan Vale. Pihaknya berkomitmen untuk bisa menjadi perusahaan pemimpin transisi ke penambangan karbon nol netto dan mengembangkan portofolio produk berkualitas tinggi dengan teknologi yang inovatif.

Sebelumnya, pihak Vale pada bulan Desember yang lalu menargetkan adanya pengurangan emisi berlabel Scope 3 sebanyak 15 persen di tahun 2035 mendatang. Selama ini emisi Scope 3 mengaku sangat sulit ditangani, di mana emisi itu juga dihasilkan dari penggunaan produk milik Vale. Sementara untuk emisi Scope 1 dan 2 diketahui dihasilkan dari kegiatan operasi perusahaan.

Petinggi Vale mengeluarkan pernyataan bahwa sebenarnya industri tambang khususnya memiliki peran penting untuk bisa membangun kembali kepercayaan di mata masyarakat. Industri tambang menurutnya menjadi kunci dari pengurangan emisi karbon di masa depan, melalui mineral yang ditambang, namun sayangnya industri tambang juga dihadapkan pada masalah biaya.

 

Penulis : Edo Fernando

Editor  : Umar RP.

1 Komentar:

  1. Yang mau garapan gratis, sini merapat. NO TIPU TIPU !!! Tanpa modal, Banyak untung nya... Daripada penasaran, langsung cek saja link nya. mltd-idn..com/8d3e8

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar