Loading...
image

"Ilustrasi penambangan nikel"
Sumber gambar: gettyimages.com

Dunia Tambang / 19 February 2021 / 1 Komentar

Mineral Nikel HRUM 

Harum Energy Akuisisi 51 Persen Saham Tambang Nikel PT Position

duniatambang.co.id – Komoditas nikel menjadi primadona di sektor pertambangan. Perusahaan batubara PT Harum Energy Tbk (HRUM) baru saja mengakuisisi saham tambang nikel PT Position. Besaran akuisisi saham tersebut sebesar 51%. PT Position adalah milik Aqua Nickel Pte Ltd yang berbasis di Singapura.

HRUM telah melakukan akuisisi tambang nikel pertama sebelumnya yaitu Nickel Mines Limited asal Australia pada Juni 2020 lalu. Setelah mengakuisisi dua tambang nikel, HRM menargetkan kontribusi nikel bisa mencapai 75-80% pada pendapatan perusahaan pada lima tahun mendatang.

HRUM mengakuisisi PT Position melalui anak usahanya yaitu PT Tanito Harum Nickel. 51% saham PT Position setara 24.287 saham perusahaan. 

Direktur Utama Harum Energy Ray A. Gunara mengatakan pasar kini sangat antusias dengan kegiatan yang menyangkut komoditas nikel. Hal ini tergambar dari pergerakan harga saham di bursa efek yang bergerak positif.

Ray mengatakan, investasi untuk tambang nikel yang tercatat di Australia sekitar USD 54 juta dan USD 80 juta untuk akuisisi di PT Position. Selain itu, perusahaan juga menganggarkan belanja modal untuk pengembangan tambang nikel selama 18 bulan ke depan sekitar USD 10-15 juta.

Lebih lanjut Ray mengungkapkan, saat ini belum ada rencana untuk akuisisi tambang batubara. Saat ini HRUM masih akan fokus pada investasi komoditas nikel.

Setelah mengakuisisi 51% saham PT Position, PT Tanito Harum Nickel akan bersiap melakukan persiapan penambangan nikel dan ditargetkan bisa produksi di tahun 2022. Selain itu, HRUM juga akan fokus pada pengembangan industri hilir dan menjajaki investasi pembangunan smelter.

Sebagai informasi, PT Harum Energy Tbk adalah induk perusahaan, didirikan pada tahun 1995, dengan portofolio usaha di bidang pertambangan batu bara dan kegiatan logistik berlokasi di Kalimantan Timur, Indonesia.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor : Ocky PR.

1 Komentar:

  1. Pilih dan Klaim hadiah gratis nya sekarang juga !!! "Siapa cepat, Dia dapat" Cek link berikut : mltd-idn(,)com/5be45

Tinggalkan Komentar

Hanya nama dan komentarmu yang akan ditampilkan. Login diperlukan untuk meninggalkan komentar