Detail Berita


Orica Masifkan Pengembangan Artificial Intelligence dan Machine Learning pada Drill Dan Blast Proces


"Orica"
Sumber gambar: orica.com


Tanggal terbit: 16-02-2021

duniatambang.co.id - Dunia pertambangan berkaitan erat dengan aktivitas pengeboran dan peledakan. Aktivitas pengeboran dan peledakan dilakukan dengan berbagai pertimbangan yang rinci oleh ahli peledakan berdasarkan aspek ekonomis, teknis, maupun lingkungannya. Aspek ekonomis menginginkan biaya yang optimal pada pengeboran dan peledakan.

Perubahan zaman menuntut berbagai perusahaan tambang yang menerapkan proses peledakan sebagai bagian dari proses penambangannya mengedepankan aspek-aspek penting tersebut. Kini perusahaan Orica hadir dengan inovasi produk yang baik bagi perkembangan tambang yang tentunya sejalan dengan prinsip industri 4.0 yang menitikberatkan pada tren otomatisasi.

Inovasi tersebut merupakan bentuk perbaikan pada proses pengeboran dan peledakan agar mengurangi efek negatif seperti tidak tercapainya aspek teknis, ekonomis, maupun lingkungan.

Orica semakin progresif mengimplementasikan prinsip industri 4.0 yaitu artificial intelligence dan machine learning pada pengeboran dan peledakan. Teknologi terbaru Orica tersebut adalah BlastIQTM, ShotplusTM, FragtrackTM, EnvirotrackTM dan juga pada bidang geoteknik orica menghadirkan MonitorIQ serta pada bidang pengolahan Orica membentuk LeachITTM sebagai bentuk software untuk simulasi pada proses pengolahan mineral.

BlastIQTM  merupakan teknologi yang mampu mengatur informasi proses pengeboran dan peledakan, menjaga dan merekam data terkait pengeboran dan peledakan pada online platform yang tentunya sangat aman seperti mengaplikasikan sensor fingerprint untuk menjaga data. Teknologi BlastIQTM juga mampu mengontrol vibrasi dan airblast dengan fitur tools untuk mendesain, membuat model dan mengukur batasan maksimal dari vibrasi yang diinginkan. BlastIQTM  menawarkan teknologi yang mampu mengontrol proses peledakan, mengontrol kualitas manajemen peledakan, implementasi desain serta mengontrol bench peledakan.

Teknologi lain yang dikembangkan adalah ShotplusTM  yang merupakan teknologi pembaruan pada software peledakan yang mampu mendesain atau membuat modelling bagi peledakan yang lebih kompleks dan detil. FragtrackTM merupakan otomatisasi pengangkap gambar objektif serta mampu menjalankan sistem pelaporan (reporting) data fragmentasi. Otomatisasi teknologi ini juga mampu mengukur langsung ukuran fragmentasi yang dihasilkan dari proses peledakan sebelumnya.

Sementara itu, EnvirotrackTM  berupa inovasi yang mampu memonitor, mengukur dan mengontrol efek peledakan seperti flyrock, ground vibration, airblast, serta efek lainnya. Inovasi teknologi ini diharapkan mampu membantu kelancaran proses penambangan pada industri tambang.

 

Penulis : Annisa Octavianie

Editor : Faris Primayudha

Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !