Detail Berita


Antam Dorong Produksi, Saham-Saham Tambang Hijau


"Ilustrasi Pergerakan Harga Saham"
Sumber gambar: gettyimages.com


Tanggal terbit: 15-02-2021

duniatambang.co.id – PT Aneka Tambang Tbk akan mendorong produksi nikel dan bauksit. Antam menargetkan penjualan tahun ini bisa meningkat dua kali lipat.

Antam  menargetkan volume produksi bijih nikel sebanyak 8,44 juta wet metric ton (wmt) tahun ini. Volume ini meningkat 77% dari realisasi produksi bijih nikel unaudited tahun lalu yang sebesar 4,76 juta wmt.

Adanya aksi Antam ingin menaikkan produksi ini saham-saham sektor pertambangan mineral memberikan gain cukup besar pada perdagangan sepesan lalu hingga Kamis (11/2/2021). Perdagangan saham pekan lalu terjadi 4 hari lantaran libur Tahun Baru Imlek pada Jumat (12/02/2021).

Menurut data perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup naik 0,33% di level 6.222,52 pada Kamis (11/1/2021) dalam sepekan menguat 1,89%.

Saat kenaikan IHSG dalam sepekan terakhir, terdapat saham-saham tambang mineral khususnya nikel yang tergerak naik positif kinerjanya.

Saham emiten tambang mineral memang melanjutkan penguatan sejak akhir tahun lalu akibat sentimen megaproyek baterai listrik yang digagas oleh Presiden Jokowi.

Tahun lalu, pun telah direncanakan pembentukan holding PT Indonesia Battery untuk mengoperasikan pabrik baterai kendaraan listrik yang mencapai USD 12 miliar atau sekitar Rp 176,7 triliun. Informasi ini pun akan menjadi sentimen positif bagi saham-saham emiten pertambangan.

Akibatnya, saham-saham yang terlibat dalam proyek baterai ini menjadi perhatian publik seperti ANTM, TINS, dan INCO.

Menurut Head of Investment Research Infovesta Utama, Wawan Hendrayana, menilai bahwa setimen tersebut bisa menjadi katalis positif untuk berinvestasi di saham sektor pertambangan.

 

Penulis : Mayang Sari

Editor  : Ocky PR.

Berita serupa
Berita Populer
Berikan Komentar

Kontak Informasi Dunia Tambang:

Kunjungi web Advertising kami !